UPAYA MENANAMKAN KESADARAN LINGKUNGAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN
CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA
PROGRAM PAKET A DI PKBM BUDI UTAMA SURABAYA
Nama : Afina Nelish
Zharfana
NIM : 20010034031
Jurusan : Pendidikan Luar
Sekolah
Fakultas : Fakultas Ilmu
Pendidikan
Lembaga : Universitas Negeri
Surabaya
Pembimbing : Dr.
Rivo Nugroho, S.Pd., M.Pd.
Kesadaran lingkungan hidup telah menjadi fokus yang relevan dalam
pendidikan, tidak hanya sebagai bagian dari kurikulum tetapi juga sebagai nilai
yang ditanamkan dalam proses pembelajaran. Pendidikan memegang peranan yang
sangat penting dalam melahirkan generasi yang sadar terhadap lingkungan dan
mampu bertindak berkelanjutan. Dalam konteks ini pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
telah diintegrasikan ke dalam program Paket A PKBM Budi Utama Surabaya.
Pendekatan ini menciptakan pengalaman belajar yang unik dan menarik bagi peserta
didik karena menempatkan pembelajaran dalam konteks dunia nyata dalam kehidupan
mereka sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan
mendeskripsikan upaya
menanamkan kesadaran lingkungan melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching
and Learning ( CTL )
pada program Paket A di PKBM Budi Utama Surabaya . Metode
penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dan dokumen tasi . Subjek
penelitian terdiri dari Ketua PKBM, Pamong
Belajar, Tutor Paket A, dan Peserta Didik Paket A. Data dianalisis
melalui proses pengkodean tematik untuk mengidentifikasi pola dan temuan utama. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, display data, dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kreadibility, uji
dependabilitas, uji konfirmabilitas, dan uji tranferbilitas. Hasil dari
penelitian ini adalah Strategi pembelajaran Contextual
Teaching Learning (CTL) melalui kegiatan susur sungai dalam menanamkan
kesadaran lingkungan di PKBM Budi Utama Surabaya sesuai dengan konsep. Mulai
dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi, dan hasil
kegiatan. Pembelajaran CTL dalam kegiatan susur sungai efektif dalam
meningkatkan kesadaran peserta didik akan pentingnya
menjaga lingkungan dan memperdalam pemahaman mereka tentang ekosistem sungai. Model pembelajaran CTL dalam kediatan susur sungai
ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam pendidikan lingkungan dan
pembentukan perilaku yang berkelanjutan bagi peserta didik , serta mendorong mereka untuk
menjadi agen perubahan yang peduli terhadap pelestarian lingkungan untuk masa
depan yang lebih baik.
Kata Kunci : Kesadaran Lingkungan,
Contextual Teaching and Learning (CTL), Susur Sungai