EFEKTIFITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING PADA PROGRAM KEJAR PAKET C PKBM BUDI UTAMA SURABAYA
The Effectiveness Of Network Learning Management In The Package C Chartering Program of PKBM Budi Utama Surabaya
ABSTRAK
Pembelajaran daring adalah sebuah proses belajar yang membutuhkan bantuan teknologi dalam menyukseskan pembelajaran agar tercapai tujuan dari pembelajaran. Efektifitas manajemen pembelajaran daring menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung tercapainya pembelajaran. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi menjadi kunci pokok dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran. Penelitian dilakukan guna menentukan ada tidaknya hubungan antara efektifitas manjemen pembelajaran daring pada program kejar paket C kejar paket C Budi Utama Surabaya. Peneliti menggunakan kuantitatif yang analisisnya menggunakan statsitik dengan teknik analsiis data korelasi product moment. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta diidk kejar paket C jurusan IPS PKBM Budi Utama Surabaya yang digunakan untu k mengumpulkan data dilakukan dengan isntrumen penelitian berupa angket dan pengukuran skala likert. Hasil dari analisis efektifitas manajemen pembelajaran daring dengan program kejar paket C adalah 0,672 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 (p<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara efektifitas manajemen pembelajaran daring pada proses pembelajaran daring yang dilaksanakan .
Kata Kunci: Efektifitas Manajemen Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Kuantitatif
ABSTRACT
Online learning is a teaching and learning process that requires technology assistance in making learning successful in order to achieve the learning objectives. The effectiveness of online learning management is one of the factors that can support the achievement of online learning. Planning, organizing, implementing and evaluating are the main keys in the success of a learning process. Research was carried out to determine whether there is a relationship between the effectiveness of online learning management and the online learning process in students pursuing package C Budi Utama Surabaya. Researchers use quantitative analysis using statistical techniques with product moment correlation data analysis techniques. The subjects in this study were 30 participants who were chasing package C of social studies program in Budi Utama Surabaya PKBM which was used to collect data using research instruments in the form of questionnaires and Likert scale measurements. The result of the analysis of the effectiveness of online learning management with the learning process was 0.672 with a significance value of 0.00 (p <0.05). So it can be concluded that there is a significant relationship between the effectiveness of online learning management in online learning.
Keywords: Learning Management Effectiveness, Online Learning, Quantitativ