METODE EXPERIENTIAL LEARNING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Experiential learning dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan minat belajar. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya kajian mengenai penerapan Experiential learning yakni: (1) keberhasilan Penerapan Experiential Learning(2) Metode atau teknik Exprientil learning (3) Ruang lingkup dari model Experiential Learning (4) Rekomendasi atau saran dari penerapan model Experiential Learning. Berdasarkan komponen maka referensi/sumber data berkaitan dengan minat belajar siswa yang di fokuskan pada model Experiential Learning.
Kata Kunci: Minat Belajar, Experiential Learning.
This study aims to describe experiential learning in group guidance services to increase interest in learning. This research method used is the library research method. The data collection method used is the documentation method. The results of this study are the compilation of studies on the application of Experiential learning, namely: 1) the success of the application of Experiential Learning(2) Methods or techniques of experiential learning (3) The scope of the model Experiential Learning (4) Recommendations or suggestions from the application of the model Experiential Learning. Based on the components, the reference / data source is related to student learning interests which is focused on the model Experiential Learning.
Keyword : Learning Interests, Experiential Learning.