The Implementation of Online Authentic Reading Materials in Online ELT in Higher Education
Ulwiyah, Fifi Nur. 2021. The Implementation of Online Authentic Reading Materials in Online ELT in Higher Education. Thesis. Language and Literature Education Program. Post graduate of State University of Surabaya. Supervisors: (1) Ahmad Munir, Ph.D., (2) Prof. Slamet Setiawan, Ph.D.
Key Words : bahan bacaan otentik online, Pengajaran Bahasa Inggris
Pendidikan di Indonesia dianggap sebagai kekuatan bangsa yang berskala besar, oleh karena itu kelangsungan kegiatan belajar mengajar harus didorong selama pandemi COVID-19 dengan menggunakan sistem pembelajaran daring. Penyesuaian pembelajaran daring menginspirasi guru untuk memilih materi yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan dan minat siswa dalam pengajaran bahasa serta strategi pemahaman bacaan yang diterapkan (Zimmermann dan Hutchin, 2003). Kesesuaian dan pemilihan bahan otentik yang digunakan oleh guru dalam konteks membaca harus mencakup konten bermakna yang relevan. Bahkan, tantangan penggunaan materi otentik yang dihadapi oleh para guru dapat diminimalisir. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keaslian bahan bacaan otentik online dan implementasi materi-materi tersebut di kelas daring keterampilan membaca pada guru bahasa Inggris perguruan tinggi dan tantangan yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar mereka. Ketiga pertanyaan penelitian tersebut adalah: (1) Seberapa otentik bahan otentik online yang diimplementasikan oleh guru di kelas daring keterampilan membaca? (2)Bagaimana guru menerapkan bahan bacaan otentik online di kelas daring keterampilan membaca? dan (3) Apa saja tantangan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan bahan bacaan autentik online di kelas daring keterampilan membaca?
Desain penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subyeknya adalah tiga guru Pembelajaran Bahasa Inggris perguruan tinggi yang dituntut untuk mengajar Bahasa Inggris Umum dan Bahasa Inggris untuk Keperluan Khusus mahasiswa baru selama dua semester. Dikarenakan situasi pandemi, setting dialihkan menjadi kelas daring Pengajaran Bahasa Inggris di bawah naungan suatu universitas Islam negeri tertentu di Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data tertulis atau rekaman penelitian ini menggunakan catatan lapangan observasi kelas, hasil transkripsi wawancara, rekaman video atau audio, dan screenshot praktik mengajar selama kelas online. Data dianalisis dengan menggunakan teori strategi pemahaman bacaan yang dikemukakan oleh Zimmermann dan Hutchins (2003), dikutip dalam Moreillon (2007) dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Candy dan Taylor (2006) untuk menghindari tantangan dalam kegiatan membaca di kelas daring Pembelajaran Bahasa Inggris.
Temuan mengungkapkan bahwa keaslian merupakan hal penting semenjak Bahasa Inggris diajarkan sebagai bahasa asing. Materi otentik dapat dikatakan layak dengan mengukur masing-masing keaslian materi berdasarkan tiga area meliputi Pemerolehan Bahasa Kedua, bahasa pengajaran dan Informasi dan Teknologi Komunikasi. Hal ini dapat menciptakan pengaplikasian keaslian pada desain materi pembelajaran bahasa, khususnya pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu, semua strategi pemahaman bacaan dimanifestasikan oleh guru EFL dalam proses penyampaian bahan bacaan otentik di kelas online mereka.
Dalam kegiatan pengaktifan pengetahuan, guru melaksanakan tiga kegiatan yang saling terkait antara lain membuat koneksi, menciptakan koneksi, dan berbagi koneksi. Untuk mendukung penyajian bahan bacaan autentik online, diperlukan strategi khusus, dengan menggunakan citra indrawi atau visualisasi, untuk memvisualisasikan citra maupun sebagian atau keseluruhan bagian isi bacaan. Strategi yang paling fleksibel adalah pertanyaan yang aplikatif untuk disisipkan di awal, di tengah atau bahkan di akhir diskusi kelas.
Strategi penting lainnya yang disebut membuat prediksi dan inferensi juga membantu guru mendorong penyelidikan dan pemahaman siswa dengan menggunakan strategi pernyataan dan pertanyaan. Lebih penting lagi, strategi menentukan ide menjadi kegiatan utama yang harus dimiliki untuk menguasai keterampilan membaca. Dalam penggunaan fix-option atau monitoring, strategi pertanyaan sebagai strategi yang paling umum dalam memantau pemahaman siswa. Akhirnya, untuk melengkapi semua latihan pemahaman bacaan, strategi mensintesis atau meringkas adalah menutupi ide yang ditemukan dalam teks. Dari segi tantangan, ditemukan bahwa sebagian besar guru mendapat tantangan dalam mengimplementasikan bahan bacaan autentik online ini. Tantangannya adalah tentang materi, minat siswa, aktivitas kelas dan interaksi kelas yang terjadi antara guru dan siswa.
Key Words : Online authentic reading materials, online ELT
Education in Indonesia is considered as the large-scale power of the nation that is why the continuity of teaching and learning activities has to be compelled during the COVID-19 pandemic by using the learning system online. The conforming of online learning inspires teachers to choose a suitable material to fulfill students’ needs and interests in teaching language as well as the reading comprehension strategies applied (Zimmermann and Hutchin, 2003). The appropriateness and well chosen authentic materials used by teachers in a context of reading have to cover meaningful content in which those are relevant. In fact, the challenges of using the authentic materials practice faced by the teachers can be minimalized. Thus, this study is to examine the authenticity of online authentic reading materials as well as the implementation of those materials in online reading class of the English teachers of higher education and the challenges faced by teachers in their teaching and learning process. The three research questions are: (1) How authentic online authentic reading materials are implemented by teachers in online reading classes? (2) How do teachers implement online authentic reading materials in ELT online classes? and (3) What challenges are faced by teachers in implementing online authentic reading materials in ELT online classes?
The research design of the study is a qualitative approach. The subjects are three EFL teachers of higher education that are demanded to teach General English and English for Specific Purposes freshemen for two semesters. Due to the pandemic situation, the setting of place is shifted into ELT online class under the circumstance of a particular state Islamic university in Surabaya. The data collection techniques employed is observation and interview. The written or recorded data of this study using field note of classroom observation, the result of transcription interviews, video or audio recording, and screenshot of teaching practices during online class. The data is analyzed by using , theory of reading comprehension strategies proposed by Zimmermann and Hutchins (2003), cited in Moreillon (2007) and the questions suggested by Candy and Taylor (2006) to avoid the challenges in the reading activities in online reading classes.
The findings revealed that authenticity is considered as the pivotal thing since, in this case, English is taught as foreign language. The authentic materials can be said its prevalence by measuring each authenticity based on three areas including SLA (Second Language Acquistion), language pedagogy and ICT (Information and Communication Technology). It could establish the applied authenticity to the language learning design materials, especially learning English language. Moreover, all reading comprehension strategies are manifasted by the EFL teachers in the process of delivering authentic reading materials in their online classroom.
In the activities of activating of building knowledge (schemata), the teachers implement the three-linked-activities including making connection, creating connection and sharing connection. To support the presentation of online authentic reading materials, a specific strategy, using sensory image or visualizing, is needed to visualize the image as well as the part or a whole of reading content passages. The most flexible strategy is questioning that is applicable to be inserted in the early, midst or even in the end of class discussion.
Other important strategy called making predictions and inferences also help the teachers to push students’ investigation and comprehension by using statements and questions strategy. More importantly, the strategy of determining idea becomes the main part activity to be possessed in order to master reading skill. In using fix-option or monitoring, the question strategy as the most common strategy in monitoring students’ comprehension. Finally, to complete all the reading comprehension practices, the strategy of synthesizing or summarizing is to cover up the idea found in the texts. In terms of challenge, it was discovered that most teachers got challenge in implementing this online authentic reading material. The challenge was about the materials, students’ interests, classroom activities and classroom interaction occurred among teachers and the students.