IDENTITAS VIRTUAL PRAKTIK ENDORSEMENT MAHASISWA SURABAYA DI INSTAGRAM
VIRTUAL IDENTITY OF SURABAYA STUDENTS ENDORSEMENT PRACTICES IN INSTAGRAM
Maraknya perkembangan toko online di media sosial instagram menciptakan lapangan pekerjaan baru di masyarakat. Toko online membutuhkan jasa promosi produk untuk memunculkan minat beli konsumen. Jasa promosi yang marak di media sosial instagram yaitu endorsement yang banyak dilakukan oleh mahasiswa. Praktik endorsement mahasiswa menciptakan indentitas virtual yang ditunjukkan kepada pengguna lain di instagram. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui identitas virtual praktik endorsement mahasiswa Surabaya di Instagram. Penelitian ini menggunakan teori Blogosphere M. Jacky. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif Online/Web 2.0 dengan pendekatan analisis hacking untuk meneliti dunia virtual di instagram yang dilakukan oleh endorsement mahasiswa. Data penelitian diperoleh melalui internet dengan pengamatan secara online. Subjek dalam penelitian ini adalah akun Instagram endorsement mahasiswa Surabaya dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang endorsement mahasiswa Surabaya di Instagram membangun identitas virtual untuk mengembangkan praktik jasa endorsement. Endorsement mahasiswa Surabaya membangun identitas virtual dengan menciptakan jargon file dan melakukan perilaku blogging spam tag, hashtag, mention, dan spam foto atau video yang memanfaatkan online tools pada instagram.
Kata Kunci : Identitas Virtual, Endorsement, Mahasiswa
The rise of the development of online stores on social media Instagram creates new jobs in the community. Online stores require product promotion services to bring up consumer buying interest. Promotional services that are rife on Instagram social media are endorsements mostly done by students. The student endorsement practice creates a virtual identity that is shown to other users on Instagram. The purpose of this research is to find out the virtual identity of Surabaya student endorsement practices on Instagram. This research uses Blogosphere M. Jacky's theory. The research method uses the qualitative method Online / Web 2.0 with a hacking analysis approach to examine the virtual world on Instagram conducted by student endorsements. Research data obtained through the internet with online observations. The subjects in this study were Surabaya student endorsement Instagram accounts with predetermined criteria. The results of this study indicate that a Surabaya student endorsement on Instagram builds a virtual identity to develop endorsement service practices. Surabaya student endorsements build virtual identities by creating jargon files and performing blogging spam tag, hashtag, mention, and photo or video spam behaviors that utilize online tools on Instagram.
Keywords: Virtual Identity, Endorsement, Students