PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS DENGAN PROBLEM POSING UNTUK MELATIHKAN BERPIKIR KREATIF PADA ASAM BASA
IMPLEMENTATION OF TPS LEARNING MODELS WITH PROBLEM POSING TO TRAIN CREATIVE THINKING ON ACID BASE
ABSTRAK
Nama
:
Wisma Imelda Setyowati
NIM
16030194049
Program Studi
S-1 Pendidikan Kimia
Jurusan
Kimia
Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing
Rusmini, S.Pd., M.Si.
Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran TPS dengan strategi problem posing pada materi asam basa, aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir kreatif, ketuntasan hasil belajar, dan respon terhadap model pembelajaran yang digunakan. Menggunakan desain penelitian yaitu one group pretest-posttest yang diaplikasikan pada 54 peserta didik SMA kelas XI. Rata-rata persentase keterlaksanaan model pembelajaran yang dihasilkan sebesar 91,67% di pertemuan pertama dan sebesar 98,60% di pertemuan kedua yang keduanya termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Hasil aktivitas yang relevan saat pertemuan pertama sebesar 94,69% dan yang tidak relevan sebesar 5,31%, sedangkan di pertemuan kedua aktivitas yang relevan sebesar 93,09% dan yang tidak relevan sebesar 6,91%, persentase keterampilan berpikir kreatif mengalami kenaikan sebanyak 40,74% untuk kategori tinggi, 44,44% kategori sedang, dan 14,82% kategori rendah, ketuntasan klasikal hasil belajar sebesar 88,89%, serta respon peserta didik sebesar 95,60% positif sedangkan 4,40% respon negatif.
Kata Kunci: asam basa, keterampilan berpikir kreatif, model pembelajaran TPS, problem posing.
Name
Registration number
Study Program
S-1 Chemistry Education
Departement
Chemistry
Faculty
Mathematics and Natural Sciences
Institution
State University of Surabaya
Supervisor
The research aims to be aware of the implementation of the TPS learning model with problem posing strategies on acid-base, student activity, creative thinking skills, completeness of learning outcomes, and responses of the learning model used. Use one group pretest-posttest research design and was applied to 54 high school students in class XI. The average percentage obtained by the feasibility of the learning model to 91.67% at the first meeting and to 98.60% at second meeting which both of them fall into the excellent category. The relevant activities result at the first meeting to 94,69% and irrelevant by 5,31% while activities of relevant at second meeting to 93,09% and irrelevant by 6,91%,, creative thinking skills increased by a percentage of 40.74% for the high category, 44.44% medium category, and 14.82% low category, for classical completeness learning outcomes by 88.89 %, and students' responses were 95.60% positive while 4.40% for negative responses.
Keyword: Acid base, creative thinking skill, TPS learning model, problem posing