ABSTRAK
ANALISA KONTRIBUSI JENIS KELAMIN, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP KEMATANGAN KARIR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI
Nama : Tiya Ristin Rinanda
NIM : 15080554056
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Muhammad Abdul Ghofur, S.E., M.Pd
Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masalah mahasiswa yang memiliki kematangan karir rendah. Hal ini akan menyebabkan terjadinya peningkatan pengangguran ditingkat universitas dan mempengaruhi masa depan mahasiswa setelah lulus kuliah nanti. Tujuan dari penelitian ini untuk 1) menganalisis kontribusi Jenis kelamin terhadap kematangan karir mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Tahun Ajaran 2015 di Universitas Negeri Surabaya 2) menganalisis kontribusi Status Sosial Ekonomi Orang tua terhadap kematangan karir mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Tahun Ajaran 2015 di Universitas Negeri Surabaya 3) menganalisis kontribusi Dukungan Sosial Keluarga terhadap kematangan karir mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Tahun Ajaran 2015 di Universitas Negeri Surabaya 4) menganalisis kontribusi Jenis kelamin, Status Sosial Ekonomi Orang tua dan Dukungan Sosial Keluarga terhadap kematangan karir mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Tahun Ajaran 2015 di Universitas Negeri Surabaya.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Sampel tersebut adalah 180 Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi tahun ajaran 2015 dari jumlah populasi sebanyak 332 mahasiswa.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa 1) Tidak terdapat kontribusi yang signifikan antara jenis kelamin terhadap kematangan karir Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi tahun ajaran 2015 2) Tidak terdapat kontribusi yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap kematangan karir Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi tahun ajaran 2015 3) Terdapat kontribusi yang signifikan antara dukungan sosial keluarga terhadap kematangan karir Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi tahun ajaran 2015 4) Terdapat kontribusi yang signifikan antara jenis kelamin, status sosial ekonomi orang tua dan dukungan sosial keluarga secara bersama-sama terhadap kematangan karir Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi tahun ajaran 2015.
Kata kunci: jenis kelamin, status sosial ekonomi orang tua, dukungan sosial keluarga, kematangan karir
ABSTRACT
ANALYSIS OF THE CONTRIBUTION OF GENDER, SOCIO-ECONOMIC STATUS OF PARENTS AND FAMILY SOCIAL SUPPORT OF ECONOMIC EDUCATION STUDENTS CAREER MATURITY
Name : Tiya Ristin Rinanda
Student Number : 15080554056
Study Program : Bachelor Of Economic Education
Department : Economic Education
Faculty : Economy
Institution : Surabaya State University
Advisor : Muhammad Abdul Ghofur, S.E., M.Pd
Planning a career path to develop a career is the duty of students as early adults in the exploration phase to determine the maturity of their careers and be able to make it happen after what is learned during their education in college and will serve the community. The purpose of this study is to 1) analyze the gender contribution to the career maturity of Economics Education Department students in the 2015 Academic Year at Surabaya State University 2) analyze the contribution of parents' socio-economic status to the career maturity of students in the Economics Education 2015 Academic Year at Surabaya State University analyze the contribution of Family Social Support to the career maturity of Economics Education Department students in the 2015 Academic Year at Surabaya State University 4) analyze the contribution of gender, parents' socio-economic status and family social support to the career maturity of students of the Economics Education 2015 Academic Year at Surabaya State University.
The approach used in this study is a quantitative approach with multiple linear regression analysis methods. Sampling uses the proportionate stratified random sampling technique. The sample was 180 students of the Department of Economic Education in the academic year 2015 from a total population of 332 students.
The results of this study state that 1) There is no significant contribution between the gender on the career maturity of Economics Education Department Students in the 2015 academic year 2) There is no significant contribution between parents' socio-economic status on career maturity of Economic Education Department Students in the 2015 academic year 3 ) There is a significant contribution between family social support for career maturity of Economics Education Department Students in the 2015 academic year 4) There is a significant contribution between gender, parents' socio-economic status and family social support together on career maturity of Economics Education Department students in the year 2015 teaching.
Keywords: gender, parents' socio-economic status, family social support, career maturity