PENGGUNAAN MAJAS PERSONIFIKASI DAN CITRAANNYA DALAM ALBUM LAGU SHUFFLE DAN ALBUM LAGU ES SONG SEASON 3 DARI GAME ENSEMBLE STARS!!
PERSONIFICATION AND IMAGERY IN SONG LYRICS FROM SHUFFLE ALBUM AND ES SONG SEASON 3 ALBUM FROM ENSEMBLE STARS!! GAME
Lagu termasuk karya yang banyak digunakan sebagai media untuk mencurahkan perasaan dan ide-ide melalui kata-kata dan ungkapan sehingga lagu tidak hanya dijadikan sebagai hiburan semata jika dilihat dari segi psikologinya. Dengan menggunakan gaya bahasa yang tepat sehingga pesan dari lagu dapat tersampaikan melalui proses kreatif dengan pembangunan suasana dan bayangan imaji agar pendengar dapat ikut membayangkan dan merasakan umumnya banyak yang menggunakan citraan. Bentuk dan gaya dari citraan dapat muncul melalui ragam bahasa lainnya, salah satunya adalah bahasa figuratif seperti pemajasan. Majas personifikasi dipilih dalam penelitian karena memiliki sifat yang sama seperti citraan, yakni menggunakan pengalaman yang dirasakan atau dilakukan oleh manusia sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui majas personifikasi dapat digunakan untuk memunculkan sebuah citraan dalam dua album lagu game Ensemble Stars!!. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode analisis dan mengumpulkan lirik-lirik lagu yang mengandung majas personifikasi di dalamnya. Hasil yang didapatkan adalah 51 data majas perosnifikasi yang dipilah-pilah berdasarkan jenisnya menurut teori Tsutomu (2005) yang kemudian dimasukkan ke dalam jenis citraan yang sesuai dengan gambaran yang muncul dalam lirik lagu tersebut. Jenis citraan yang dapat ditemukan hanya sekitar 5 jenis citraan yaitu citra “penglihatan”, “pendengaran”, “gerak”, “rabaan” dan “penciuman” dari 6 jenis citraan yang ada. hanya satu jenis citraan yang tidak ditemukan yakni citra “pengecapan” karena jarang sekali digunakan. Dapat disimpulkan juga jika majas personifikasi cocok dan dapat digunakan untuk menciptkan citraan.
Songs are the popular media that used to convey feelings and ideas througs words and expression, the purpose are not limited only for an entertainment regarding to psychological term. Using the suitable linguistic style to create an imagery to convey message through the creative process for providing listeners with an experience they can feel and imagine. Imagery can come with any linguistic aspects, one of them is personification that contains the same properties, so that causes the purpose of this study are to descibe personification and it use to make an imagery in song lyrics with data source from 2 albums from Ensemble Stars!! game. This study is a descriptive qualitative research while the used method is analizing the song lyrics and gather lyrics that contains personification as data collecting technique. The result of this study, 51 data was found then divided into 4 personifications type based on Tsutomu’s (2005) theory and there was 5 imagery that stand for "visual", "auditory", "kinesthetic", "tactile", and "olfactory" have been discovered from the personification data out of 6. only one, the “gustatory” imagery can’t be found because it was rarely used. It also can be concluded, imagery can appear through the use of personification.