Analisis Resepsi Rasisme dalam Video Klip Lagu "This is America" terhadap Penonton Multi Etnis
Analysis of the Reception of Racism in the Video Clip of the Song "This is America" ββto Multi-Ethnic Audiences
Analisis resepsi penonton multi etnis terhadap rasisme dalam video klip lagu This is America. Rasisme menjadi permasalahan yang terjadi diseluruh dunia. Berbagai jenis rasisme dapat ditemukan dimana saja. Seperti pada video klip lagu This is America yang menggambarkan kondisi rasisme yang terjadi di Amerika. Dalam penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana resepsi penonton multietnis terhadap rasisme dalam video klip lagu This is America. Dalam video klip lagu This is America memuat adegan yang sarat akan kekerasan. Ketika video klip lagu ini rilis, terdapat beragam reaksi dan kontroversi. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif data didapatkan melalui wawancara dan observasi. Kemudian pada teknik analisis data menjadi tiga langkah, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan teori encoding β decoding, posisi penonton terbagi menjadi tiga, hegemonik dominan, negosiasi dan oposisi. Hasil penelitian menunjukkan beragam reaksi dan pendapat dari penonton multi etnis terhadap rasisme dalam video klip lagu. Dengan pendapat masing masing penonton, disimpulkan posisi mereka masuk dalam posisi hegemonik dominan dan negosiasi.
Analysis of multi-ethnic audience reception of racism in the video clip of the song This is America. This study aims to determine how the audience's reception of racism in the video clip of the song This is America. In the video clip of the song This is America contains scenes that are full of violence. When the MV for this song was released, there were various reactions and controversies. By using qualitative research methods data obtained through interviews and observations. Then the data analysis technique is divided into three steps, data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the theory of encoding - decoding, the position of the audience is divided into three, dominant hegemonic, negotiating and opposition. The results of the study show various reactions and opinions from multi-ethnic audiences towards racism in the video clip of the song. With the opinion of each audience, it is concluded that their position is in a dominant and negotiating hegemonic position.