KEEFEKTIFAN KONSELING SINGKAT BERFOKUS-SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK BROKEN HOME
THE EFFECTIVENESS OF SOLUTION-FOCUSED SHORT COUNSELING TO INCREASING THE LEARNING MOTIVATION OF BROKEN HOME STUDENTS
Peristiwa broken home merupakan suatu kondisi kurang berjalannya fungsi dan peran orang tua dalam lingkungan keluarga, peristiwa ini tentu akan menimbulkan beberapa dampak, salah satunya berpengaruh pada motivasi belajar peserta didik. Motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui pendekatan konseling singkat berfokus-solusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok singkat berfokus-solusi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik broken home. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala broken home dan skala motivasi belajar yang akan digunakan untuk menentukan subjek penelitian pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Selanjutnya, hasil data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwasanya Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga “Terdapat perbedaan distribusi skor pada kelompok eksperimen setelah pemberian konseling kelompok singkat berfokus-solusi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik broken home”. Selain itu, terdapat selisih skor rata-rata pre-test dan post-test yang didapatkan dari penghitungan rumus N-Gain sebesar 9,6. Sehingga dalam hal ini dapat diketahui bahwa konseling singkat berfokus-solusi terbukti cukup efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik broken home.
Kata Kunci: Peserta Didik Broken Home, Motivasi Belajar, Konseling Singkat Berfokus-Solusi
Broken home is a condition of lack of function and role of parents in the family environment, this event will certainly have several impacts, one of which affects the learning motivation of students. Learning motivation can be improved through a brief solution-focused counseling approach. Purpose of this study was to examine the effectiveness of solution-focused brief group counseling services to increase the learning motivation of broken home students. The method used is quantitative with a pre-experimental one group pretest-posttest design. Data collection in this study used a broken home scale and a learning motivation scale that would be used to determine research subjects in class XI students of SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Furthermore, the data results were analyzed using the Wilcoxon test which showed that Ha was accepted and H0 was rejected, therfore it have difference in the distribution of mean scores in the experimental group after providing solution-focused brief group counseling to increase the learning motivation of broken home students. In addition, there is a difference in the mean score of the pre-test and post-test obtained from the calculation of the N-Gain formula of 9.6. Therefore, in this case it can be seen that brief solution-focused counseling is proven to be quite effective in increasing the learning motivation of broken home students.
Keywords: Broken Home Students, Learning Motivation, Solution-Focused Brief Counseling