Dukungan Orang Tua pada Remaja Berprestasi Olahraga Bulutangkis
Setiap orang tua tentu menginginkan anak tumbuh dewasa dan memiliki prestasi, baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik. Untuk itu dibutuhkan keterlibatan orang tua dalam mengarahkan anaknya, terutama pada anak remaja. Remaja merupakan individu yang sedang dalam proses peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa awal, sehingga orang tua berperan penting dalam memberi arahan pada remaja. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orang tua yaitu dengan memberikan dukungan. Penelitian ini meninjau tentang dukungan orang tua pada remaja berprestasi olahraga bulutangkis dengan metodologi kualitatif pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur dengan uji keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik interpretative phenomenological analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa dukungan yang diberikan pada remaja yang berprestasi olahraga bulutangkis. Orang tua memberikan dukungan penuh pada anak, beberapa dukungan tersebut adalah dukungan emosional yang melibatkan perilaku memberi perhatian dan kasih sayang, dukungan penghargaan yang berkaitan dengan penilaian yang baik pada remaja, dukungan informasi berupa saran atau umpan balik, dan yang terakhir dukungan instrumental berkaitan dengan memberi bantuan secara langsung dapat berupa uang.
Every parent certainly wants their children to grow up and have achievements, both academic achievements and non-academic achievements. For this reason, parental involvement is needed in directing their children, especially teenagers. Adolescents are individuals who are in the transition process from childhood to early adulthood, so parents play an important role in giving directions to adolescents. One way that parents can do is to provide support. This study reviews parental support for outstanding youth in badminton with a qualitative phenomenological approach. Data collection techniques used semi-structured interviews with data validity tests using member checks. Data analysis techniques in this study used interpretive phenomenological analysis (IPA) techniques. The results of this study indicate some of the support given to adolescents who excel in badminton. Parents provide full support to children, some of that support is emotional support which involves giving attention and affection, reward support related to good judgment in adolescents, informational support in the form of suggestions or feedback, and finally instrumental support related to giving direct assistance can be in the form of money.