Menggali Strategi dan Motivasi Mahasiswa Pascasarjana Indonesia untuk Mempromosikan Pembelajaran Otonom di Universitas Luar Negeri
Exploring Indonesian Post Graduate Students’ Strategies and Motivation to Promote Autonomous Learning in Overseas University
ABSTRAK
Mardhotila. Dzikrina. 2020. "Menggali Strategi dan Motivasi Mahasiswa Pascasarjana Indonesia untuk Mempromosikan Pembelajaran otonom di Universitas Luar Negeri". Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya". Pembimbing (I) Syafi'ul Anam, Ph.D., dan (II) Slamet Setiawan, Ph.D.
Kata Kunci : Pembelajaran otonom, strategi pembelajar mandiri, motivasi, universitas luar negeri
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran otonom yang dikembangkan mahasiswa di universitas luar negeri, serta untuk mengetahui motivasi mahasiswa untuk menjadi pembelajar mandiri di universitas luar negeri.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini mengobsevasi strategi yang digunakan oleh para siswa untuk mempromosikan pembelajaran otonom di universitas luar negeri untuk pembelajaran mereka. Data tersebut merupakan kegiatan dari empat mahasiswa di luar negeri yang menjadi peserta penelitian atau informan. Data berasal dari buku harian reflektif yang ditulis oleh informan dan juga wawancara.
Temuan penelitian ini adalah (1) mahasiswa yang belajar di luar negeri ini menggunakan sembilan strategi dalam pembelajaran otonom. Artinya mahasiswa adalah pembelajar mandiri (2) mahasiswa luar negeri ini mempunyai dua macam motivasi untuk menjadi pembelajar mandiri, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik.
Kesimpulannya, keempat siswa ini adalah pembelajar mandiri yang mengedepankan strategi pembelajaran otonom dalam pembelajarannya. Ini disetujui oleh strategi- strategi pembelajaran yang mereka gunakan. Mereka juga memiliki motivasi intrinsik dan ekstrinsik agar menjadi pembelajar mandiri
Mardhotila, Dzikrina. 2020. Exploring Indonesian Post Graduate Students’ Strategies and Motivation to Promote Autonomous Learning in Overseas University. Unpublished thesis, the Degree of Magister in the Education of Language and Literature, Post Graduate Program of State University of Surabaya, First advisor: (I) Syafi’ul Anam, Ph.D., and second advisor (II) Slamet Setiawan, Ph.D
Keywords: autonomous learning strategies, motivation, post graduate students, overseas university
This research aims to describe the autonomous learning strategies that students promote in overseas university, it is also to know the students motivation to be an autonomous learner in overseas university.
This research is qualitative study. It investigated the strategies that used by the students in order to promote autonomous learning in overseas university for their learning. The data were activities of four student’s overseas university as the research participant or informant. The data were from reflective diary that written by the informant and also the interview section.
The findings of the study are (1) the overseas students are using nine strategies in autonomous learning. It means that the students are autonomous learner (2) the overseas students have two kinds of motivation to be an autonomous learner, intrinsic and extrinsic motivation.
In conclusion, these four students are autonomous learners who promote autonomous learning in their study. It is approved by the autonomous learning strategies that they used. They are also having intrinsic and extrinsic motivation in order to be autonomous learners.