Majas Metonimi dalam Anime Haikyuu!! (ハイキュー!!!) Season 1 Karya Furudate Haruichi (古舘 春一)
Metonymy in Anime Haikyuu!! (ハイキュー!!!) Season 1 by Furudate Haruichi (古舘 春一)
Penggunaan bahasa adalah sebuah alat yang umum untuk berkomunikasi dan bagian penting dari bersosialisasi. Dalam berkomunikasi, bahasa diperlukan untuk memahami makna dari apa yang diucapkan. Bahasa terus berubah dari waktu ke waktu, mudah diucapkan dan sepadan dengan zaman modern ini, dengan zaman modern mengubah bahasa menjadi lebih masuk akal dengan arti yang sama dan mudah dipahami. Dimana majas sering digunakan secara tidak sadar, menjadi majas dengan memberikan kata-kata kiasan untuk memperindah suatu bahasa. Tidak jauh berbeda dengan penggunaan majas pada animasi atau anime Jepang, dimana dialog atau bahasa yang digunakan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kata-kata atau dialog yang digunakan dalam anime merupakan manifestasi dari bahasa aslinya dan cara klasik yang digunakan oleh para siswa atau remaja. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan metonimi pada anime Haikyuu season 1 karya Furudate Haruichi dengan 25 episode dan mendeskripsikan makna metonimi dalam anime Haikyuu season 1 karya Furudate Haruichi dengan 25 episode. Penelitian ini menggunakan observasi deskriptif kualitatif yang memuat informasi secara deskriptif atau data dari suatu percakapan dalam sebuah sumber data (anime), yaitu anime Haikyuu season 1 karya Furudate Haruichi. Dari hasil yang ditemukan, terdapat 31 metonimi dengan 4 kategori yang digunakan. Majas metonimi yang paling banyak ditemukan adalah pada kategori keempat dengan 16 data dan kategori yang paling sedikit adalah youki-nakami dengan 4 data. Kategori keempat paling sering muncul di anime karena fakta bahwa mereka menggunakan kosakata yang digunakan oleh para remaja dan telah menjadi penyebutan seseorang yang paling banyak digunakan, sedangkan di kategori youki-nakami tidak banyak di musim 1.
The use of language is a common tool for conversation and an important a part of socializing. In communicating, language is needed to understand the meaning of what is spoken. Language is constantly changing from time to time, easy to pronounce and commensurate with this modern era, with the modern era changing language to make more sense with the same meaning and easy to understand. Where figure of speech is often used unconsciously, it becomes a figure of speech by giving figurative words to embellish a language. Not much different from the use of figure of speech in a Japanese animation or anime, where the language used is relevant to everyday life. Words or dialogues used in anime are manifestations from their original language and the classical manner that students or teenagers use. The purpose of this research is to describe the use of metonymy in anime Haikyuu season 1 by Furudate Haruichi with 25 episode and to describe the meaning of metonymy in anime Haikyuu season 1 by Furudate Haruichi with 25 episode. The research implemented a qualitative descriptive observe that containing descriptive information or the data from a conversation in a data source (anime), namely the anime Haikyuu season 1 by Furudate Haruichi. With the results discovered, there are 31 metonymy with the 4 categories used. The most common metonymy figure of speech most widely found in the fourth category with 16 data and rare category are youki-nakami with 4 data. The fourth category appear most frequently in anime due to the fact they form the vocabulary of the teenagers and had been the most extensively used mention of a person, while in the youki-nakami category there is not much in season 1.