PENGEMBANGAN MEDIA E-FLIPBOOK UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF E-FLIPBOOK MEDIA FOR THE SKILL OF LISTENING TO STORIES OF GRADE IV ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media e-flipbook untuk keterampilan menyimak cerita siswa kelas IV sekolah dasar dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan, yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan subjek sebanyak 35 siswa dengan melakukan uji coba skala besar. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dilakukan dengan validasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan media e-flipbook berdasarkan hasil validasi media sebesar 91% dan hasil validasi materi memperoleh 91% yang menyatakan bahwa media sangat valid. Kepraktisan media e-flipbook diperoleh dari hasil angket guru dan siswa yang masing-masing memperoleh sebesar 100% untuk angket guru dan 97% untuk angket siswa yang dapat menyatakan bahwa media e-flipbook sangat praktis. Keefektifan media diperoleh dari hasil tes pada uji coba skala besar diperoleh thitung 16,42 > ttabel 2,036 yang dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan siginifikan dan dinyatakan sangat efektif dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: pengembangan, media e-flipbook, keterampilan menyimak cerita
This study aims to describe the process of developing e-flipbook media for the skills of listening to the stories of grade IV elementary school students and to find out the validity, practicality, and effectiveness of media. This type of research is development research using the ADDIE model which consists of 5 stages, namely the analysis stage, design stage, development stage, implementation stage and evaluation stage. This study used 35 students with a large-scale trial. The instruments used for data collection are carried out by validation, questionnaires, and tests. The results of this study showed the validity of e-flipbook media based on media validation results of 91% and material validation results obtained 91% which stated that the media was very valid. The practicality of e-flipbook media is obtained from the results of teacher and student questionnaires, each of which obtained 100% for teacher questionnaires and 97% for student questionnaires which can state that e-flipbook media is very practical. The effectiveness of the media obtained from the test results in large-scale trials obtained a count of 16.42 > ttabel 2,036 which can be concluded that there was a significant increase and was declared very effective and suitable for use in the learning process.
Keywords: development, e-flipbook media, story listening skills