Pengaruh Latihan Pencak Silat Terhadap Pembentukan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Siswa
The Impact Of Pencak Silat Training On The Becoming Of Self-Concept And Self-Confidence Students
Nandana, Dimas Dwicahya. 2020. Pengaruh Latihan Pencak Silat Terhadap Pembentukan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Advisor: (1) Prof. Dr. Ali Maksum, S.Pd., M.Si., (II) Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T
Kata-kata Kunci: Pencak silat, konsep diri, kepercayaan diri, gender.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pada pembentukan konsep diri dan kepercayaan diri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat dan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler pencak silat serta adanya perbedaan gender terkait dengan pembentukan konsep diri dan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 1 Tempeh.
Penelitian ini menggunakan kategori non-eksperimen dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain komparatif. Variabel bebas yaitu kelompok siswa ekstrakurikuler pencak silat dan non-pencak silat, masing-masing terdiri dari gender laki-laki dan perempuan setiap kelompoknya. Variabel terikat yaitu konsep diri dan kepercayaan diri. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa ekstrakurikuler pencak silat dan 30 siswa ekstrakurikuler non-pencak silat. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu dengan memberikan angket konsep diri dan kepercayaan diri kepada siswa. Data hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: analisis of variance dalam kelompok ekstrakurikuler pencak silat menunjukkan perbedaan yang signifikan pada variabel konsep diri memiliki nilai signifikansi (F=31.267 dan p<0.05) dan kepercayaan diri (F=18.978 & p<0.05) serta gender laki-laki menunjukkan adanya perbedaan terkait konsep diri memiliki nilai signifikansi sebesar (F=18.992 & p<0.05); gender perempuan memiliki nilai sebesar (F=11.998 & sig. 0.002) dan gender laki-laki menunjukkan adanya perbedaan kepercayaan diri memiliki nilai sebesar (F=8.945 & sig. 0.006); gender perempuan memiliki nilai sebesar (F=9.396 & sig. 0.005).
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat, konsep diri dan kepercayaan dirinya lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler pencak silat serta adanya perbedaan gender terkait pembentukan konsep diri dan kepercayaan diri siswa.
Nandana, Dimas Dwicahya. 2020. The Effect of Pencak Silat Exercise on the Establishment of Students’ Self-Concept and Self-Confidence. Thesis, Sport Education Study Program, Postgraduate Universitas Negeri Surabaya. Advisor: (1) Prof. Dr. Ali Maksum, S.Pd., M.Si., (II) Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T.
Keywords: Pencak Silat, Self-Concept, Self-Confidence, Gender
The objective of the study is to examine the differences in the formation of the self-concept and self-confidence of students who join pencak silat extracurricular activity and students who do not join pencak silat extracurricular activity as well as the differences in gender associated with the establishment of the self-concept and self-confidence of students in SMA Negeri 1 Tempeh.
This research was non-experimental category with descriptive quantitative as the type of research. The design of this study employed a comparative design. The free variables were a group of students joining pencak silat extracurricular activity and a group of students joining non pencak silat extracurricular activities, each of which consisted of several males and females gender. The dependent variable was self-concept and self-confidence. The sample selection used was the purposive sampling technique. The samples in this research were 30 students from pencak silat extracurricular activity and 30 students from non pencak silat extracurricular activities. The treatment in the study was with the provision of questionnaires regarding self-concept and self-confidence of students. The test results of research as: the analysis of variance within pencak silat extracurricular group showed that the differences of self-concept variable were significant with the significance value of (=31.267 and p<0.05) and self-confidence of (F=18.978 & p<0.05). On the other hand, males gender variable showed differences related to self-concept with the significance value of (F=18.992 & p<0.05); females gender with the significance value of (F=11.998 & sig. 0.002) and males gender variable showed differences related to self-confidence value of (F=8.945 & sig. 0.006); females gender with the significance value of (F=9.396 & sig. 0.005).
Therefore, from the research, it can be concluded that students who join pencak silat extracurricular activity have better self-concept and self-confidence than those who do not join pencak silat extracurricular activity, but there are significant differences in gender related to the establishment of self-concept and self-confidence of students.