LITERASI DAN MOBILITAS SOSIAL DI DALAM NOVEL CHIMAMANDA NGOZIE ADICHIE THE HALF OF A YELLOW SUN
LITERACY AND SOCIAL MOBILITY IN CHIMAMANDA NGOZIE ADICHIE’S THE HALF OF A YELLOW SUN
Literasi adalah salah satu skill yang terpenting agar bisa bertahan di masyarakat saat ini. Ketika seseorang mempunyai skill literasi yang baik, maka ia mempunyai kesempatan besar untuk mempunyai status yang baik di masyarakat. Dengan adanya Pendidikan, akan memungkinkan untuk meraih status tersebut. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan sulitnya mengakses Pendidikan, misalnya perang. Situasi ini tergambar secara baik didalam novel karya Chimamanda Ngozi Adichie yang berjudul The Half of a Yellow Sun. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa bagaimana aktivitas literasi mampu mempengaruhi status social dimasyarakat. Penelitian ini menekankan pada dua masalah yaitu (1) bagaimana mobilitas sosial digambarkan dalam cerita dan (2) bagaimana konsep mobilitas sosial dibentuk oleh aktivitas literasi yang dilakukan oleh karakter. Penelitian ini menggunakan teori mobilitas sosial milik Pitirim A. Sorokin untuk menjelaskan bagaimana skill literasi mampu mempengaruhi status sosial di masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua mobilitas sosial yang digambarkan dalam cerita. Bentuk yang pertama adalah mobilitas sosial horizontal. Yang kedua adalah mobilitas sosial vertical. Literasi adalah faktor utama dari perubahan mobilitas ini.
Kata kunci: literasi, mobilitas sosial
Literacy is one of the important skills in order to survive in the society. Having high literacy skills means having a big opportunity to has a good status in the public. With the help of education, it is possible to achieve that. However, there are some condition that it is difficult to access, such as a war. This kind of situation is nicely depicted in Chimamanda Ngozi Adichie’s The Half of a Yellow Sun. Thus, this study is conducted to analyze how literacy practices could affect the social status in a society in The Half of a Yellow Sun. This research emphasizes into two problems (1) how the social mobility is depicted in the story and (2) how the concept of social mobility shaped by literacy practice that the characters experienced. This study employs Pitirim A. Sorokin’s theory of social mobility in order to elaborate how literacy skills could affect status in the society. The result shows that there are two types of social mobility that portrayed in the story. The first type is horizontal social mobility. The second is vertical social mobility, there are two types of it which are social climbing and social sinking. Finally, literacy is the main reason of this social mobility shifting.
Keywords: Literacy, social mobility