Efektivitas Konseling Kelompok Realita Untuk Mengurangi Siswa Kecanduan Gadget di Sekolah
The Effectiveness Of Reality Group Counseling To Reduce Students' Gadget Addiction at School
Sumarni, Neni. 2023. Efektivitas Konseling Kelompok Realita Untuk Mengurangi Siswa Kecanduan Gadget di Sekolah. Tesis. Program Studi S-2 Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Endang Pudjiastuti Sartinah, M.Pd. dan Prof. Dr. Budi Purwoko, M.Pd.
Kata kunci: Konseling Reality Group, Kecanduan Alat Elektronik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok teknik realitas dalam mengurangi adiksi siswa sekolah terhadap perangkat elektronik. Saat ini, fenomena kecanduan perangkat elektronik relatif mudah dikenali. Pihak yang bertanggung jawab telah berusaha untuk mengurangi kecanduan; namun, diperlukan layanan yang lebih intensif. Penelitian ini menggunakan konseling kelompok dengan teknik realitas WDEP (Wants, Doing, Evaluation, and Planning). Penelitian ini menggunakan kuantitatif, metode eksperimental, menggabungkan pre-test dan post-test. Subjek penelitian terdiri dari 7 (tujuh) siswa yang dipilih dengan adiksi tinggi terhadap alat elektronik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen untuk mengukur adiksi gadget dan dianalisis dengan menggunakan uji t sampel berpasangan. Temuan uji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0,000<0,05; dengan demikian, Ho ditolak, dan Ha diterima. Hipotesis mengungkapkan bahwa skor kecanduan siswa menurun setelah menerima konseling kelompok menggunakan teknik realitas WDEP. Dengan demikian, ada perbedaan skor adiksi siswa sekolah sebelum dan sesudah menerima konseling kelompok teknik realitas WDEP
Sumarni, Neni. 2023. Reality Group Counseling Activities to Reduce Electronic Device Addiction of School Students. Thesis. Guidance and Counseling Study Programme, faculty of Science Education, State University of Surabaya. Advisors: (1) Dr. Endang Pudjiastuti Sartinah, M.Pd. and Prof. Dr. Budi Purwoko, M.Pd.
Keywords: Reality Group Counseling, Electronic Device Addiction
This study aimed to determine the effectiveness of the reality techniques of group counselling in reducing school students' addiction to electronic devices. Nowadays, the phenomenon of electronic device addiction is relatively simple to identify. Responsible parties have attempted to reduce addiction; however, more intensive services are required. This study employed group counselling with WDEP (Wants, Doing, Evaluation, and Planning) reality techniques. The research utilised quantitative, experimental methods, incorporating a pre-and post-test. The research subjects comprised 7 (seven) students who were selected with high addiction to electronic devices. The data was collected using instruments for measuring gadget addiction and was analysed using the paired sample t-test. The findings of paired sample t-test demonstrated that the sig (2-tailed) value was 0.000< 0.05; thus, Ho was rejected, and Ha was accepted. The hypothesis revealed that students' addiction scores decline after receiving group counselling using WDEP reality techniques. Thus, there was a difference between school students' addiction scores before and after receiving WDEP reality technique group counselling.