Strategi Pemasaran Jasa makeup melalui media sosial
Strategi Pemasaran merupakan usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik, terutama konsumen mengenai sasaran keberadaan suatu produk atau jasa. Pemasaran melalui media sosial memberikan peluang besar bagi pelaku usaha, dalam rangka memasarkan produk atau jasa yang mereka miliki dengan lebih cepat dan konsumen dapat melihat produk dan jasa secara langsung melalui media sosial. Rumusan masalah penelitian mencakup penambahan strategi pemasaran pelaku usaha jasa makeup dengan menggunakan media sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan sehingga metode penelitian menggunakan studi pustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui startegi pemasaran untuk meningkatkan minat konsumen pada pelaku usaha jasa makeup. (2) mengetahui pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran berdasarkan kajian pustaka yang ada. Berdasarkan hasil kajian pustaka atau literatur yang ada, diperoleh temuan peneliti bahwa Pelaku usaha jasa make up yang dahulu hanya menerapkan pemasaran menggunakan media iklan berupa browsur, dengan adanya pesaing yang semakin banyak pelaku usaha jasa makeup harus menerapkan strategi pemasaran yang modern dengan menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran online untuk mempengaruhi daya tarik konsumen untuk memakai jasa makeup yaitu dengan menggunakan instagram dan aplikasi penyedia jasa makeup. Melalui artikel ini diharapkan pelaku usaha jasa makeup bisa memanfaatkan media sosial seperti instagram dan aplikasi penyedia jasa makeup sebagai strategi pemasaran untuk menunjang minat terhadap jasa yang di sediakan. Kata Kunci: strategi pemasaran, jasa makeup, media sosial
Marketing strategy is an attempt to convey messages to the public, especially target consumers regarding the existence of a product or service. Marketing through social media is provides great opportunities for business actors, in order to market their products or services more quickly and consumers can see products and services directly through social media. The formulation of the research problem includes the addition of marketing strategies for makeup service businesses using social media. This type of research is literature research so that the research method uses literature study. The purpose of this research is to (1) identify marketing strategies that increase consumer interest in makeup service businesses. (2) knowing the use of social media as a marketing medium based on existing literature reviews. Based on the results of a review of existing literature or literature, the findings of the researcher are that the make-up service business actors who previously only applied marketing used advertising media in the form of browsers, With the existence of competitors, more and more makeup service businesses must implement modern marketing strategies using social media as an online marketing tool to influence consumer attractiveness to use makeup services namely by using Instagram and a makeup service provider application. Through this article, it is hoped that makeup service businesses can take advantage of social media such as Instagram and makeup service applications as a marketing strategy to support interest in the services provided. Keywords: marketing strategy, makeup services, social media