Pemahaman nilai agama dan moral sangat penting didapatkan oleh anak, salah satunya pemahaman tentang sedekah. Ketika anak memiliki kepercayaan yang kuat terhadap agama dan berperilaku sesuai dengan moral yang berlaku, tentunya akan membuat kehidupan lebih terarah ke jalan kebaikan. Sehingga sangat penting diberikan sejak usia dini. Dilatarbelakangi dari permasalahan oleh pemahaman sedekah pada anak yang masih kurang, hal ini terjadi dikarenakan pendidik dalam proses mengajar tidak menjelaskan secara detail dan menggunakan media berupa gambar dan LKA. Sehingga peneliti memberikan media KOPIMAS (Kotak Pintar Masjid) dalam pemahaman sedekah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh media KOPIMAS (kotak pintar masjid) dalam pemahaman sedekah anak usia 5-6 tahun di RA Islamiyah Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasy Experimental Design dengan menggunakan jenis Non Equivalent Control Group Design. Subyek penelitian berjumlah 24 anak, yaitu 12 anak kelompok B1 dan 12 anak kelompok B2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media KOPIMAS (Kotak Pintar Masjid) dapat mengembangkan pemahaman sedekah pada anak usia 5-6 tahun. Dari hasil penelitian tersebut, diperoleh skor total pretest pada kelompok eksperimen dengan rata-rata 7,5, sedangkan pada kelompok kontrol skor pretest dengan rata-rata 6,83. Perolehan hasil posttest pada kelompok eksperimen diperoleh skor rata-rata 10,33, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh skor 8,83.
Hasil perhitungan dengan menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test diperoleh Thitung<Ttabel yaitu (0<25), sedangkan perhitungan dengan Mann Withney U Test diperoleh Uhitung<Utabel yaitu (12<25). Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan adanya pengaruh media KOPIMAS (Kotak Pintar Masjid) terhadap pemahaman sedekah pada anak kelompok B. Pengaruh dalam media KOPIMAS (Kotak Pintar Masjid) yaitu anak mampu mengetahui urutan rukun Islam dengan benar, memahami makna sedekah melalui jawaban dari beberapa pertanyaan, dan menerapkan sikap sedekah ketika diberikan kotak infaq.
Kata kunci : Media KOPIMAS (Kotak Pintar Masjid), Pemahaman Sedekah
Understanding of religious and moral values is very important to be obtained by children, one of them is by providing an understanding of alms. When a child has a strong belief in religion and behaves in accordance with the prevailing morals, it will certainly make life more focused on the path of goodness. So it is very important to be given at an early age. With the background of the problems by understanding almsgiving in children who are still lacking, this occurs because educators in the teaching process do not explain in detail and use media in the form of images and LKA. So the researchers gave KOPIMAS (Smart Mosque Box) media in understanding alms. The purpose of this study was to determine whether there was any influence of KOPIMAS media (Smart Mosque Box) in understanding the alms of children aged 5-6 years at RA Islamiyah Surabaya.
This study uses a quantitative approach with the type of Quasy Experimental Design using the type of Non Equivalent Control Group Design. The research subjects were 24 children, 12 children in group B1 and 12 children in group B2. The results of this study indicate that the KOPIMAS media (Smart Mosque Box) can develop understanding of alms in children aged 5-6 years. From the results of these studies, obtained a total pretest score in the experimental group with an average of 7.5, while the control group pretest score with an average of 6.83. The acquisition of posttest results in the experimental group obtained an average score of 10.33, while in the control group a score of 8.83 was obtained.
The results of calculations using the Wilcoxon Match Pairs Test were obtained by T <Ttable, that is (0 <25), while the calculation with Mann Withney U Test was obtained by Uhitung <Utabel which is (12<25). So that it can be interpreted that Ho is rejected and Ha is accepted with the influence of KOPIMAS (Smart Mosque Box) media on alms understanding in group B children. Influence in KOPIMAS media (Smart Box Mosque) that is the child is able to know the order of Islamic pillars correctly, understand the meaning of alms through answer to several questions, and apply alms attitude when given an information box.
Keywords: KOPIMAS Media (Smart Mosque Box), Alms Understanding