THE KNOWLEDGE EFFECT OF MUSLIM CONSUMERS ABOUT MASLAHAH AND KHIYAR ON ISLAMIC PURCHASE DECISION
Berkembangnya e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia menjadikan kegiatan jual beli semakin mudah. Akan tetapi, beberapa pelaku usaha tidak menjanjikan untuk menerapkan kejujuran dan kemaslahatan dalam jual beli. Sehingga konsumen diperlukan sikap kehati-hatian dalam memutuskan pembelian guna mengurangi segala resiko yang kemungkinan dapat terjadi. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan konsumen muslim tentang maslahah dan khiyar terhadap keputusan pembelian dalam Islam. Metode analisis dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian menjelaskan bahwa maslahah dan khiyar memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dalam Islam. Sehingga pengetahuan konsumen dalam menggunakan aplikasi Tokopedia telah menerapkan maslahah dan khiyar sesuai dengan ajaran agama.
The development of e-commerce in Indonesia like as Tokopedia for buying and selling activities to be easy. However, some seller not promising to apply honesty and benefit in buying and selling activities. So, a consumer caution needed for decide to buy to reduce all the risks. The purpose of this research to analyze the influence of Muslim consumer literacy about maslahah and khiyar on purchasing decisions in Islam. The method used in this research is descriptive quantitative with analysis technique using multiple linear regression . The result of this research explain of maslahah and khiyar have an influence on purchasing decisions in Islam. The consumers lireracy on Tokopedia application users have implemented of maslahah and khiyar according to religious teachings.