ABSTRAK
PELAKSANAAN FUNGSI – FUNGSI MANAJEMEN KELOMPOK BERMAIN RA KARTINI DESA TRUTUP KECAMATAN PLUMPANG KABUPATEN TUBAN
Nama : Windha Wahyu Muhlishottin
NIM : 15010034007
Jurusan : Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbingan : Prof. Dr.M.V. Roesminingsih, M.Pd
Masalah yang terjadi dimana pengelolaan kelompok bermain masih kurang optimal diantaranya ketidakseimbangan antara pola pengelolaan yang seharusnya ditetapkan dilembaga tersebut namun tidak sesuai dengan kondisi yang ada. Mengingat pentingnya kelompok bermain dimana pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengatur implementasinya agar dapat dilakukan secara optimal.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian yakni pengelola, pendidik dan orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Setelah itu diuji nilai kebenarannya dengan menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengetahui (1) proses pelaksanaan fungsi – fungsi manajemen bedasarkan teori – teori yang ada meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi sudah sesuai dan proses implementasinya dilakukan dengan baik dan benar (2) faktor penghambat dan penunjang terselesaikan dengan dan antara pengelola dan pendidik sangat baik kerjasamanya.
Kata kunci : Pelaksanaan fungsi – fungsi manajemen, Kelompok bermain
ABSTRACT
IMPLEMENTATION OF MANAGEMENT FUNCTION OF THE RA KARTINI KARTINI TRUTUP VILLAGE PLUMPANG DISTRICT TUBAN
Name : Windha Wahyu Muhlishottin
Department : Non-formal education
Faculty : Faculty Of Education
Institution Name : Surabaya State University
Advisor : Prof. Dr.MV Roesminingsih, M.Pd
Problems that occur when the management group is still less than optimal play such imbalances to manage a group to play with such an imbalance between the optimal management scheme that should set them, but were instituted in accordance with existing conditions. Given the importance of the play where the government has issued policies to regulate its implementation to be carried out optimally.
This study uses a qualitative method. The research subject namely managers, educators and parents of students. Data collection techniques used were observation, interview and documentation. Techniques used in the data analysis is a data reduction, data presentation and verification. After that tested the value of truth by using triangulation techniques.
The results showed that determine (1) the process of implementation of the functions - management functions bedasarkan theory - the theory that there include planning, organizing, mobilization, implementation, monitoring and evaluation was appropriate and the implementation process is done properly (2) inhibiting factors and supporting resolved with and between managers and educators very good cooperation.
Keywords: Implementation of functions - management functions, playgroup