MODUL BERBASIS CHEMO ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK ANAK JALANAN
MODULE BASED CHEMO ENTREPRENEURSHIP ON CHEMISTRY DAILY LIFE TO A STREET CHILDREN
Kemiskinan merupakan fenomena sosial di Indonesia yang memiliki dampak salah satunya dalam bidang pendidikan. Di mana kemiskinan memaksa anak untuk putus sekolah dan memenuhi kebutuhan keluarganya dengan cara bekerja di jalan raya atau disebut dengan anak jalanan. Berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah penyetaraan pendidikan salah satunya adalah pendidikan nonformal. Dibutuhkan bahan ajar penunjang pembelajaran nonformal seperti modul yang layak dan tidak hanya melatih pemahaman anak jalanan seperti pada materi kimia tetapi juga untuk melatih jiwa wirausaha sebagai bekal bagi anak jalanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul berbasis Chemo Entrepreneurship (CEP) untuk pembelajaran kimia anak jalanan yang layak, sebagai bahan ajar pendukung pendidikan nonformal. Penelitian ini adalah penelitian R&D dengan metode 4D, tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan dengan 3 tahapan saja yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Hasil yang didapat bahwa modul berbasis CEP layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia pada anak jalanan.
Poverty is a social phenomenon in Indonesia that has an impact on education. Where poverty forces children to drop out of school and meet their family's needs by working on the road or known as street children. Various efforts can be made to overcome the problem of equality in education, one of which is non-formal education. Teaching materials that support non-formal learning are needed, such as appropriate modules and not only to train street children understanding such as chemistry but also to train entrepreneurial spirit as provisions for street children. The aim of this research is to develop a Chemo Entrepreneurship (CEP) based module for proper chemistry learning of street children, as teaching materials to support non-formal education. This research is an R&D research with the 4D method, but in this study it was only conducted in 3 stages, namely Define, Design, and Develop. The results obtained show that the CEP-based module is suitable for use in chemistry learning for street children.