PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PRAKARYA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII
E-MODULE DEVELOPMENT OF CRAFT SUBJECTS FOR 8TH GRADE JHS STUDENTS
ABSTRAK
Nama : Nur Annisa Apriliyanti
NIM : 17050394033
Program Studi : S-1 Pendidikan Tata Boga
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Sri Handajani, S.Pd., M.Kes.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kelayakan materi dan media dari e-modul mata pelajaran Prakarya untuk siswa SMP kelas VIII, dan 2) respon siswa terhadap e-modul mata pelajaran Prakarya untuk siswa SMP kelas VIII.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4D (four D). Penelitian ini hanya sampai pada proses develop (pengembangan) karena keterbatasan dana, waktu, dan tenaga. Untuk menilai kelayakan materi dan media, masing-masing dilakukan validasi oleh dua Dosen Pendidikan Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya dan khusus untuk validasi materi, salah satu validator merupakan guru prakarya SMP Negeri 32 Surabaya. Untuk mengetahui respon peserta didik, dilakukan uji coba ke 18 peserta didik kelas VIII SMPN 32 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) e-modul dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dengan skor rata-rata keseluruhan aspek oleh ahli materi dan ahli media sebesar 3.37 dan 3.24, 2) respon peserta didik sebagai pengguna sebesar 3.32 sehingga kelayakan e-modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya, media e-modul ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran prakarya bagi siswa SMP kelas VIII.
Kata Kunci: Pengembangan, e-modul, prakarya
ABSTRACT
Name : Nur Annisa Apriliyanti
Study Program : S-1 Culinary Education
Faculty : Engineering
Name of Institution : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Dr. Sri Handajani, S.Pd., M.Kes.
The aims of this study are to find: 1) out the feasibility of theory and media from e-module for the craft subject for 8th grade junior high school students, and 2) out student responses to the craft subject e-module for 8th grade junior high school students.
The research method used is Research and Development (R&D) with using the 4D (four D) research model. This research only reached the develop process due to limited funds, time and manpower. To assess the feasibility of theory and media, validation was carried out for each by two Culinary Education Lecturers at Universitas Negeri Surabaya Faculty of Engineering and specifically for theory validation, one of the validators was a craft teacher at SMP Negeri 32 Surabaya. To find out the students' responses, a trial was conducted on 18 8th grade students of SMPN 32 Surabaya. Data collection techniques used questionnaires. Data analysis technique was descriptive qualitative.
The results showed: 1) the e-module was declared suitable for use as teaching material with an average score of all aspects by theory experts and media experts of 3.37 and 3.24, 2) the response of students as users was 3.32 so that the feasibility of the e-module being developed included in the “Very Good” category. Furthermore, this e-module media can be used as craft learning media for 8th grade junior high school students.
Keywords: Development, e-module, crafts