Persepsi Siswa Dalam Menggunakan Google Classroom Sebagai Platform Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring
Students' perceptions In Using Google Classroom As Online English Learning Platform
Pembelajaran jarak jauh saat ini menjadi strategi efektif dalam dunia pendidikan untuk menekan penyebaran Virus Corona. Apalagi, Google Classroom sebagai platform pembelajaran menjadi sarana pendidikan pilihan untuk mendukung proses belajar mengajar di masa pandemi ini. Selain itu, platform ini dapat diakses di ponsel, sehingga membantu siswa untuk belajar lebih mudah. Oleh karena itu tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa dalam menggunakan Google Classroom sebagai platform pembelajaran bahasa Inggris secara daring. Kajian dibatasi pada aksesibilitas menggunakan Google Classroom. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang artinya data yang disajikan dan dianalisis menggunakan analisis statistik data numerik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan skala penilaian yang diberi nama skala Likert. Skala yang mengukur tingkat kesepakatan tentang pernyataan. Kuesioner berisi preferensi atau kesepakatan dalam lima tingkat. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif untuk menganalisis hasil data. Analisa data difokuskan pada frekuensi, median dan modus dari hasil data. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas 11. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi siswa tentang aksesibilitas dalam menggunakan Google Classroom untuk belajar bahasa Inggris secara daring.
Nowadays, distance learning has become an effective strategy in education to reduce the spread of CoronaVirus. Moreover, Google Classroom as a learning platform has become a preferable educational tool to support teaching and learning process in this pandemic. In addition, this platform is accessible on mobile phones, so it helps students to learn easier. Therefore the aim of this article is to investigate the students’ perceptions in using Google Classroom as an online English learning platform. The study is limited towards the accessibility of using Google Classroom. The study uses a quantitative method which means that the data presented and analysed using statistical analysis of numeric data. The instrument used in this study is questionnaires by using Rating scale named Likert scale. It measures the degree of agreement about the statements. The questionnaires contain the preferences or agreements in terms of five rates. This study uses descriptive statistics to analyse the result of the data. It is focused on frequency, median and mode of the data result. The research subjects are from the eleventh grade of senior high school students. The result of this study shows students’ perceptions of the accessibility in using Google Classroom to learn English online.