KONTEN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA SUMBER GEMPONG, TRAWAS, MOJOKERTO
INSTAGRAM CONTENT AS A PROMOTIONAL MEDIA FOR SUMBER GEMPONG TOURISM, TRAWAS, MOJOKERTO
Perancangan ini berfokus pada desain konten Instagram Wisata Sumber Gempong. Wisata Sumber Gempong adalah objek wisata yang dibangun dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa Ketapanrame, Trawas, Mojokerto. Wisata Sumber Gempong menggunakan Instagram sebagai media promosinya. Akan tetapi, masih ditemukan beberapa kekurangan dalam penggunaan Instagram sebagai media promosi, seperti postingan yang diunggah tidak menyampaikan ciri khas yang seharusnya dimiliki oleh suatu brand dan pembagian informasi mengenai Wisata Sumber Gempong kurang tersampaikan dalam postingan. Solusi dari permasalahan ini adalah perancangan desain konten Instagram Wisata Sumber Gempong sebagai media promosi dan penunjang informasi berdasarkan prinsip desain kesatuan. Tujuan perancangan ini adalah menyusun konsep perancangan, mendeskripsikan proses perancangan, dan menghasilkan produk perancangan desain konten Instagram Wisata Sumber Gempong. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif yang berfokus pada permasalahan secara mendetail dengan menggunakan pendekatan Design Thinking. Hasil yang diharapkan dari perancangan ini adalah desain konten instagram Wisata Sumber Gempong yang rapi dan komunikatif berdasarkan prinsip desain kesatuan.
This design focuses on the Instagram content design of Wisata Sumber Gempong. Wisata Sumber Gempong is a tourist attraction built and managed by Badan Usaha Milik Desa Ketapanrame, Trawas, Mojokerto. Wisata Sumber Gempong uses Instagram as its promotional media. However, there are still some shortcomings in using Instagram as a promotional medium, such as uploaded posts that do not convey the characteristics that should be owned by a brand and the sharing of information about Wisata Sumber Gempong is less conveyed in posts. The solution to this problem is the design of Instagram content design for Wisata Sumber Gempong as a promotional media and information support based on the unity design principle. This design aims to develop a design concept, describe the design process, and produce an Instagram content design product for Wisata Sumber Gempong. The method used in this design is a qualitative method that focuses on the problem in detail using the Design Thinking approach. The expected result of this design is a neat and communicative Instagram content design for Wisata Sumber Gempong based on the unity design principle.