Kompleksitas Kalimat dalam Teks Narasi Pemelajar BIPA di Walailak University, Thailand
Sentence Complexity in BIPA Students' Narrative Texts at Walailak University, Thailand
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menentukan kompleksitas kalimat dalam tulisan narasi mahasiswa pemelajar BIPA di Walailak University, Thailand. Kompleksitas kalimat ditentukan dari jumlah klausa dan struktur klausa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kajian penelitian deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah sepuluh pemelajar BIPA tahun kedua di Walailak University Thailand yang memprogram mata kuliah Indonesian for Everyday Life (kosakata dan ekspresi sehari-hari) dengan kode mata kuliah INA60-252. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 teks narasi pemelajar BIPA. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih. Teknik analisis dasar yang digunakan adalah teknik bagi unsur langsung (BUL) dengan 3 teknik analisis lanjutan, yaitu teknik balik untuk menganalisis jumlah klausa, serta teknik lesap dan sisip untuk menganalisis struktur klausa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kalimat majemuk mendominasi teks narasi pemelajar BIPA di Walailak University, Thailand. Kalimat majemuk yang ditemukan yaitu kalimat bersisipan, kalimat majemuk rapatan, kalimat majemuk setara, kalimat majemuk bertingkat, dan kalimat majemuk kompleks. Persentase kalimat majemuk dibandingkan dengan kalimat tunggal berturut-turut adalah 69% dan 31%, (2) klausa bebas mendominasi teks narasi pemelajar BIPA di Walailak University, Thailand. Persentase klausa bebas dan klausa terikat berturut-turut adalah 75,12% dan 24,88%. Dua hasil tersebut menunjukkan bahwa teks narasi pemelajar BIPA di Walailak University, Thailand memiliki kompleksitas kalimat yang tinggi karena kalimat berkonjungsi subordinatif lebih tinggi dibandingkan kalimat berkonjungsi koordinatif.
Kata Kunci: kompleksitas kalimat, teks narasi, mahasiswa BIPA, klausa
Abstract
This study aims to decide the complexity of sentences in narrative texts by BIPA students at Walailak University, Thailand. The complexity of the sentence is determined by the number of clauses and the structure of the clause. The approach used in this research is descriptive qualitative. The research subjects in this study were ten second year BIPA students at Walailak University, Thailand who took the Indonesian for Everyday Life course (vocabulary and everyday expressions) with the course code INA60-252. The data used in this study were 100 narrative texts of BIPA students. The data collection method used in this research is documentation. The data analysis method used in this research is the agih method. The basic analysis technique used is the direct element technique (BUL) with 3 advanced analysis techniques, namely the reverse technique to analyze the number of clauses, and the insertion and insertion technique to analyze the structure of the clause. The results of this study indicate that (1) compound sentences dominate the narrative text of BIPA students at Walailak University, Thailand. The compound sentences found were insertion sentences, dense compound sentences, equivalent compound sentences, multilevel compound sentences, and complex compound sentences. The percentage of compound sentences compared to single sentences is 69% and 31%, respectively, (2) independent clauses dominate the narrative text of BIPA students at Walailak University, Thailand. The percentages of free clauses and bound clauses are 75.12% and 24.88%, respectively. These two results show that the narrative text of BIPA students at Walailak University, Thailand has a high sentence complexity because the sentences with the subordinative conjunctions is higher than the sentences with the coordinative conjunctions.
Keywords : sentence complexity, narrative text, BIPA students, clause