PERMAINAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PEMILAHAN SAMPAH BAGI ANAK AUTIS
BOARD GAME AS SORTING TRASH INTRODUCTION MEDIA FOR CHILDREN WITH AUTISM
Anak autis perlu dibekali dengan pendidikan yang baik sejak dini agar memiliki kecakapan dan kemampuan beradaptasi di kehidupan sehari-hari. Salah satunya kemampuan yang perlu dimiliki adalah kegiatan pemilahan sampah. Penelitian ini bertujuan mengkaji keefektifan metode permainan board game sebagai media pengenalan pemilahan sampah bagi anak autis. Pendidikan bagi anak autis membutuhkan metode khusus agar anak autis bisa mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur yang berfokus pada proses pengenalan pemilahan sampah bagi anak autis dengan menggunakan board game. Board game digunakan sebagai penunjang program pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas dan kecakapan anak autis. Pada hasil kajian ditemukan adanya perubahan perilaku pada anak autis setelah adanya proses pengenalan proses pemilahan sampah menggunakan metode board game. Selain itu, perkembangan positif ini juga dinilai karena adanya guru yang menjadi peran sentral dalam keberhasilan Pembelajaran Individual.
Kata Kunci: board game, anak autis, pemilahan sampah.
autism children need to be equipped with good education early in order to have the skills and adaptability in everyday life. One of the skills that need to be owned is garbage sorting activities. This research aims to examine the effectiveness of board game methods as an introduction to garbage sorting for autistic children. Education for autism children requires special methods so that autism children can follow the learning process well. This research uses a literature study method that focuses on the process of introducing garbage sorting for autism children using Board games. Board games are used as supporting learning programs to improve the creativity and proficiency of autism children. In the results of the study found that there was a change of behaviour in children autism after the process of identification of garbage sorting process using the board game method. In addition, this positive development was also assessed because the teachers were central role in the success of the Individual Learning.
Keywords: board game, autism children, sorting trash.