PENGARUH MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA TUNARUNGU FASE C DI SDLB NEGERI PEMBINA TINGKAT NASIONAL BAGIAN C LAWANG
THE INFLUENCE OF WORDWALL EDUCATIONAL GAME MEDIA ON VOCABULARY MASTERY OF HEARING IMPAIRED STUDENTS IN PHASE C AT SDLB PEMBINA TINGKAT NASIONAL BAGIAN C LAWANG
ABSTRAK
Mochammad Indar Maulana
PENGARUH MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL
TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA
TUNARUNGU FASE C DI SDLB NEGERI
PEMBINA TINGKAT NASIONAL
BAGIAN C LAWANG
Skripsi
Surabaya, Fakultas Ilmu Pendidikan, 2024
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya penguasaan
kosakata siswa tunarungu yang berpengaruh terhadap
keberhasilan akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media game edukasi wordwall
terhadap penguasaan kosakata siswa tunarungu fase C di SDLB
Negeri Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis pre-eksperimen
dengan rancangan one group pre-test post-test design. Penelitian
menggunakan subjek penelitian enam siswa tunarungu fase C.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis sebelum dan
sesudah perlakuan. Data penelitian dianalisis menggunakan
statistik non-parametrik dengan uji wilcoxon match pairs test untuk
mengetahui perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test.
Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan nilai To (T hitung)
= 0 sama dengan nilai T tabel (Tα) = 0 yang dapat disimpulkan
adanya pengaruh signifikan dari penggunaan media game edukasi
wordwall terhadap penguasaan kosakata siswa tunarungu fase C di
SDLB Negeri Pembina Tingkat Nasional Bagian C Lawang. Media
game edukasi wordwall dapat menarik minat siswa dan
memudahkan siswa belajar menguasai kosakata. Sehingga dapat
menjadi alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan
kosakata siswa tunarungu.
Kata Kunci: Game Edukasi Wordwall, Penguasaan Kosakata,
Tunarungu
ABSTRACT
THE INFLUENCE OF WORDWALL EDUCATIONAL GAME
MEDIA ON VOCABULARY MASTERY OF HEARING
IMPAIRED STUDENTS IN PHASE C AT SDLB
PEMBINA TINGKAT NASIONAL BAGIAN C
LAWANG
Thesis
Surabaya, Faculty of Education, 2024.
The background of this research is the low vocabulary
mastery of deaf students, which affects their academic success.
This study aims to determine the influence of using Wordwall
educational game media on pethe vocabulary mastery of deaf
students in phase C at SDLB Negeri Pembina Tingkat Nasional
Bagian C Lawang. This research uses a quantitative preexperimental
method with a one-group pre-test post-test design.
The research subjects were six deaf students in phase C. The data
collection technique used written tests before and after the
intervention. The data were analyzed using non-parametric
statistics with the Wilcoxon matched pairs test to identify
significant differences between the pre-test and post-test results.
The data analysis showed that the calculated T value (To) = 0 was
equal to the table T value (Tα) = 0, indicating a significant influence
of the Wordwall educational game media on the vocabulary
mastery of deaf students in phase C at SDLB Negeri Pembina
Tingkat Nasional Bagian C Lawang. The Wordwall educational
game media can attract students' interest and facilitate vocabulary
learning, making it a potential alternative for improving the
vocabulary of deaf students.
Keywords: Wordwall Educational Game, Vocabulary Mastery,
Hearing-Impaired