Pengembangan Media Pembelajaran Game Rules Of Design Untuk Mengukur Kemampuan Desainer Siswa
Development Of Game Rules Of Design Learning Media To Measure Student Designer Skills
Pesatnya perkembangan teknologi dapat mengubah cara pandang terutama pada bidang pendidikan, media pembelajaran adalah salah satu untuk menunjang pemikiran yang inovatif dan konstruktif dalam mendorong proses belajar. Berdasarkan pra peneltian permasalahan yang diambil dinyatakan kurangnya peralatan Multimedia dan rasa bosan siswa dalam pembelajaran yang bersifat konvensional juga ketertarikan sekolah akan media pembelajaran dikembangkan kedalam bentuk game berbasis android yaitu game Rules Of Design. Dalam Penelitian ini ditujukan untuk 1) Mengukur kemampuan serta potensi desainer siswa dengan metode pembelajaran Research & Development pada bidang game edukasi berbasis android, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis game edukasi berdasarkan validator dari para ahli materi, media, dan respon siswa, 3) Mengembangkan media pembelajaran edukasi berbasis android multimedia kelas XI SMKN 4 Probolinggo pada materi Desain Grafis Percetakan. Metode dalam penelitian ini berupa Research and Development menggunakan model ADDIE dimana terdapat beberapa tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Teknik pengambilan data berupa pretest postest, dan dari metode tersebut penelitian ini mendapatkan beberapa hasil yaitu 1) Game Rules Of Design merupakan media pembelajaran ditujukan untuk mata pelajaran Desain Grafis Percetakan kelas XI SMKN 4 Probolinggo dengan menggunakan software Construct 2, 2) Dari validasi ahli media game ini mendapatkan hasil Layak dengan presentase 86,6 % . Sedangkan untuk ahli materi, game ini mendapatkan hasil yang Layak dengan presentase 82,6%. Lalu pada implementasi oleh siswa kelas XI di SMKN 4 Probolinggo mendapatkan hasil yang sangat layak dengan presentase 78,3%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka game Rules Of Design yang dikembangkan dengan software Construct 2 “Layak” dijadikan media pembelajaran Desain Grafis Percetakan untuk kelas XI SMKN 4 di Probolinggo.
Kunci : Game Pembelajaran, Media, Software Construct 2, SMKN 4 Probolinggo
The rapid development of technology can change the perspective, especially in the field of education, learning media is one way to support innovative and constructive thinking in encouraging the learning process. Based on the pre-research, the problems taken stated that there was a lack of multimedia equipment and students' boredom in conventional learning as well as school interest in learning media developed into an Android-based game, the game Rules Of Design. In this study aimed at 1) Measuring the ability and potential of student designers with the Research & Development learning method in the field of android-based educational games, 2) Determining the feasibility of learning media based on educational games based on validators from material, media, and student response experts, 3) Developing educational learning media based on multimedia android for class XI SMKN 4 Probolinggo on Printing Graphic Design material. The method in this study is Research and Development using the ADDIE model where there are several stages, namely (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. The data collection technique is in the form of pretest posttest, and from this method, this research gets several results, namely 1) Game Rules Of Design is a learning media aimed at the subject of Printing Graphic Design in class XI SMKN 4 Probolinggo using Construct 2, 2) From the validation of media experts This game gets Decent results with a percentage of 86.6%. As for material experts, this game got decent results with a percentage of 82.6%. Then the implementation by class XI students at SMKN 4 Probolinggo got very decent results with a percentage of 78.3%. Based on the results that have been obtained, the game Rules Of Design developed with Construct 2 software "Eligible" used as a learning media for Printing Graphic Design for class XI SMKN 4 in Probolinggo.
Keywords: Learning games, Media, Software Construct 2, SMKN 4 Probolinggo