MANAJEMEN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SDN 2 CAKRANEGARA
THE PROJECT MANAGEMENT OF STRENGTHENING THE PROFILE OF PANCASILA STUDENTS IN PUBLIC PRIMARY SCHOOL 2 CAKRANEGARA
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai manajemen proyek penguatan profil pelajar Pancasila dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan informan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data/ kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yakni 1) Perencanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SDN 2 Cakranegara adalah membentuk tim fasilitator yang bertugas untuk melakukan analisis tingkat kesiapan satuan pendidikan, menyusun buku pedoman, menentukan tema, dimensi, dan waktu pelaksanaan proyek. 2) Pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan dengan diawali mempersiapkan sumber belajar meliputi alat dan bahan yang akan digunakan dalam melaksanakan proyek, pembentukan kelompok proyek, pengenalan proyek, pengerjaan proyek yang dilakukan setiap hari sabtu pada tiap minggunya, hingga pengolahan hasil proyek. 3) Evaluasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan melalui evaluasi proses.
Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Pelajar Pancasila, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
This research aims to describe the project management of strengthening the profile of Pancasila students from the planning, implementation, to evaluation stages. This research uses a qualitative approach. The data collection techniques used are observation, interviews, and documentation studies with informants. Data analysis techniques in this study which include data condensation, data presentation, and data verification/conclucion. The results of this study, namely 1) The planning of the project to strengthen the profile of Pancasila students at SDN 2 Cakranegara is to form a team of facilitators whose task is to analyze the level of readiness of the aducation unit, compile a guidebook, determine the theme, dimensions, and time of project implementation. 2) The implementation of the project to strengthen the profile of Pancasila students is carried out by starting to prepare learning resources including tools and materials that will be used in carrying out projects, forming project groups, introducing projects, working on projects that are carried out every Saturday of each week, to processing project results. 3) Evaluation of the project to strengthen the profile of Pancasila students is carried out through process evaluation.
Keyword: Management, Curriculum, Pancasila Learner, Pancasila Learner Profile Strengthening Project