Validitas Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Keanekaragaman Hayati
Validity Of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Assessment Instrument In Biodiversity Materials
Proses pembelajaran biologi mengarahkan peserta didik agar mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari ke tingkat kognitif yang lebih tinggi. Kegiatan proses pembelajaran dapat dinyatakan berhasil salah satunya melalui evaluasi atau penilaian pembelajaran. Penilaian di sekolah masih banyak menggunakan ujian berdasar soal yang berada di LKS dengan level kognitif tingkat C1-C3 sehingga diperlukan peningkatan kemampuan berpikir tingkat yang lebih tinggi. Salah satu penilaian yang dikembangkan adalah penilaian HOTS yang ditujukan agar peserta didik dapat memecahkan permasalahan, berpikir kritis dan kreatif. Tujuan penelitian yakni menghasilkan instrumen penilaian HOTS pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini menggunakan model Research and Development yang dibatasi dengan lima tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain produk dan revisi produk. Batasan penelitian ini sampai tahap pengembangan dan validasi produk. Tahap validasi dilakukan oleh dua dosen ahli pendidikan menggunakan lembar validasi instrumen penilaian HOTS. Data hasil validasi dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan reliabilitas instrumen menggunakan percentage agreement mendapat kategori reliabel dengan hasil 99,53% pada butir soal pilihan ganda dan butir soal esai mendapat 100% serta skor validitas instrumen penilaian HOTS sebesar 3,94 pada butir soal pilihan ganda 1-4 dan skor sebesar 4 pada butir soal pilihan ganda 5-15 serta esai 1-5 dengan kategori sangat valid ditinjau dari aspek materi, konstruksi soal, bahasa dan HOTS. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa instrumen penilaian HOTS materi keanekaragaman hayati dikategorikan valid dan reliabel berdasarkan validasi ahli sehingga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam proses belajar.
Kata Kunci: Instrumen penilaian, HOTS, keanekaragaman hayati
Learning process of biology directs students to implement the knowledge that has been learned to a higher cognitive level. Learning process can be said to be successful through the assessment. Assessment in school still uses the student worksheets which cognitive level at C1-C3 level, it is necessary to increase the student’s ability to think at a higher level. One of the assessments currently being developed is HOTS assessment which is intended for students to realm of thinking to solve problems, think critically and creatively. This study aims to produce a HOTS assessment instrument on biodiversity topic. This research using Research and Development model. The limitation of this research is up to the stage of product development and validation. The validation stage was carried out by two experts of education using the validation sheet. The result was analyzed descriptive quantitatively. The results of this study indicate that reliability analysis using the percentage agreement result is 99,53% on multiple choice and essay items got 100% that categorized as reliable and validity score of HOTS assessment instrument is 3,94 in 1-4 of multiple choices, and score 4 in 5-15 of multiple choice, and number 1-5 of essay which a very valid category in terms of material aspects, question construction, language, HOTS. Based on the results obtained, it can be concluded that the HOTS assessment instrument categorized as valid and reliable through validation analysis so it can be used to improve the students ability in learning process.
Keywords: Assesment Instrument, HOTS, Biodiversity