PENGARUH METODE OPEN ENDED TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 8 SURABAYA
THE INFLUENCE OF THE OPEN ENDED METHOD ON THE LEVEL OF UNDERSTANDING OF HISTORY OF CLASS XI STUDENTS OF SMK NEGERI 8 SURABAYA
ABSTRAK
Penelitian ini dimulai dari kurangnya minat peserta didik terhadap mata pelajaran sejarah yang diperparah pula oleh kurangnya keaktifan, hasil belajar dan literasi peserta didik. Kolaborasi antara berbagai permasalahan tersebut akibat adanya stikma pada pembelajaran sejarah jika mata pelajaran tersebut tekanan pada hafalan (kognitif) sehingga dapat mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik. Padahal pada Kurikulum Merdeka (yang dikenal dengan kerangka kurikulumnya yang fleksibel) pembelajaran akan lebih fokus pada kegiatan proyek yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif menelusuri isu-isu aktual guna membangun perkembangan karakter serta kompetensi peserta didik yang diharapkan mampu mendukung visi serta memulihkan Pendidikan Indonesia. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dirasa tenaga pengajar memerlukan sebuah metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan tingkat pemahaman peserta didik.
Salah satu solusi yang ditawarkan serta diduga dapat mengatasi masalah di atas adalah metode pembelajaran open end. Metode pembelajaran open end merupakan penerapan dari teori pembelajaran konstruktivis yang beranggapan bahwa pembelajaran akan lebih efektif dan efektif apabila dapat membuat siswa berinteraksi dengan masalah atau konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan sebarapa besar pengaruh metode pembelajaran open end terhadap tingkat pemahaman sejarah peserta didik kelas XI SMK Negeri 8 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design yang dirancang dengan metode eksperimen One Grup Pretest-Posttest Design. Sedangkan analisis data menggunakan Uji Sign test sehingga diketahui Exact Sig sebesar 0,000, dimana nilai tersebut lebih kecil dari pada 0,05 maka bisa disimpulkan jika terdapat hubungan antara variabel X terhadap variabel Y. Untuk mengetahui besaran pengaruh dalam penelitian ini dapat dilihat pada tabel frekuensi sehingga diketahui jika terdapat 1 siswa yang mengalami penurunan tingkat pemahaman siswa, 23 siswa yang mengalami peningkatan tingkat pemahaman siswa dan 1 siswa yang tidak mempengaruhi. Dengan demikian dapat disimpulkan jika penerapan metode open end dapat berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman sejarah peserta didik kelas XI SMK Negeri 8 Surabaya dengan peningkatan besar sebesar 93% dari seluruh sampel siswa.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Open Ended, dan Tingkat Pemahaman Sejarah
PENGARUH METODE OPEN ENDED TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 SURABAYA
Penelitian ini bermula dari kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran sejarah yang juga diperparah dengan kurangnya aktivitas, hasil belajar dan literasi siswa. Berkolaborasinya berbagai permasalahan tersebut disebabkan adanya stigma dalam pembelajaran sejarah jika mata pelajarannya menekankan hafalan (kognitif) sehingga dapat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa. Padahal, pada Kurikulum Mandiri (yang dikenal dengan kerangka kurikulumnya yang fleksibel) pembelajaran akan lebih fokus pada kegiatan proyek yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif mengeksplorasi persoalan-persoalan aktual guna membangun pengembangan karakter dan kompetensi siswa yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup. mampu mendukung visi tersebut dan memulihkan pendidikan Indonesia. Berdasarkan permasalahan tersebut, staf pengajar dirasa memerlukan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan tingkat pemahaman siswa.
Solusi yang ditawarkan dan dipikirkan untuk dapat mengatasi permasalahan di atas adalah metode pembelajaran open end. Metode pembelajaran open-ended merupakan penerapan teori belajar konstruktivis yang berasumsi bahwa pembelajaran akan lebih efektif dan berkesan jika dapat membuat siswa berinteraksi dengan masalah atau konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan seberapa besar pengaruh metode pembelajaran open end terhadap tingkat pemahaman sejarah siswa kelas XI SMK Negeri 8 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design yang dirancang menggunakan metode eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Sedangkan analisis datanya menggunakan uji Sign sehingga diketahui Exact Sig sebesar 0,000 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antar variabel. Jadi diketahui terdapat 1 siswa yang mengalami penurunan tingkat pemahaman siswa, 23 siswa yang mengalami peningkatan tingkat pemahaman siswa dan 1 siswa yang tidak terpengaruh. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode open end dapat memberikan pengaruh positif terhadap tingkat pemahaman sejarah siswa kelas XI SMK Negeri 8 Surabaya dengan peningkatan sebesar 93% dari seluruh sampel siswa.