PROGRAM LITERASI SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR
SCHOOL LITERACY PROGRAM IN AN EFFORT TO INCREASE STUDENTS' READING INTEREST IN PRIMARY SCHOOLS
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji isi dari artikel yang telah dipilih untuk melihat hasil dari penerapan progam literasi sekolah dalam upaya meningkatkan minat baca siswa. Metode penulisan studi literatur menggunakan pendekatan penelitian konseptual yang berkaitan dengan ide dan teori tahapan-tahapan dalam penulisan studi literatur meliputi menyeleksi topik, mencari literatur mengembangkan pendapat, survei literatur, kritik literatur,dan menulis review. analisis yang digunakan mengunakan analisis isi. Berdasarkan hasil analisis jurnal referensi diperoleh dua faktor yang dapat menunjang minat baca siswa yakni perpustakaan sekolah dan progam literasi. Perpustakaan sebagai sumber sarana informasi yang dibutuhkan oleh siswa sekaligus berperan sebagai promotor dalam program literasi dan progam - progam literasi yang sesuai dengan kondisi sekolah serta kebutuhan sekolah sehingga mampu memotivasi siwa untuk gemar membaca sekaligus dapat menambah wawasan bagi siswa agar berprestasi.
Kata kunci : literasi, minat baca
Writing this article aims to examine the contents of the articles that have been selected to see the results of the implementation of the school literacy program in an effort to increase students' reading interest. The literature study writing method uses a conceptual research approach related to ideas and theories regarding the stages in writing a literature study including topic selection, search literature develops opinion, literature survey, literature criticism, and writing review. The analysis used is content analysis. Based on the results of the reference journal analysis, it was found that two factors could support students' reading interest, namely the school library and literacy programs. Libraries as a source of information needed by students and play a role as promoters in literacy programs and literacy programs that are in accordance with school conditions and school needs so that they can motivate students to love reading and add insight for students to excel.
Keywords : literacy, interest in reading