Penggunaan Augmented Reality (AR) Dalam Meningatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Pada Anak Tunarungu
Use Of Augmented Reality (AR) To Improve Understanding Of The Concept Of Geometry In Deaf Children
Manfaat pengetahuan bangun ruang yaitu meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah, melatih berpikir secara 3 dimensional, meningkatkan imajinasi visual, dan memahami konsep volume, sudut, ukuran, garis. Anak Tunarungu memiliki hambatan pendengaran yang mengakibatkan anak kesulitan dalam memahami pembelajaran yang bersifat abstrak serta sulit dalam mempersepsikannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis berbagai study literature ilmiah yang berkaitan dengan penggunaan augmented reality (AR) dalam meningkatkan konsep bangun ruang pada anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review. Pencarian literature dilakukan di science direct, mendeley, dan google scholar dengan kriteria literature yang terkait dengan topik pembahasan. Hasil dari menganalisis artikel ini menunjukkan bahwa penggunaan augmented reality dapat digunakan untuk meningkatkan konsep bangun ruang pada anak tunarungu. Implikasi dari penelitian litertaure review yaitu dapat membawa dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan pembelajaran bangun ruang pada anak tunarungu, meningkatkan motivasi belajar, meningkat pemrosesan visual, merangsang kreatifitas, meningkatkan konsentrasi. Media augmented reality juga berimplikasi kepada selain anak tunarungu, bisa digunakan untuk anak berkebutuhan khusus lainnya.
Kata Kunci: bangun ruang, augmented reality, tunarungu
The benefits of building space are improving problem solving abilities, training to think in 3 dimensions, increasing visual imagination, and understanding the concepts of volume, angles, sizes, lines. Deaf children have hearing impairments which result in children having difficulty understanding abstract learning and difficulty in perceiving it. The aim of this research is to analyze various scientific literature studies related to the use of augmented reality (AR) in improving the concept of spatial structure in deaf children. The method used in this research is a literature review. A literature search was carried out on Science Direct, Mendeley, and Google Scholar with literature criteria related to the topic of discussion. The results of analyzing this article show that the use of augmented reality can be used to improve the concept of spatial shapes in deaf children. The implication of the literature review research is that it can have a significant positive impact in improving spatial learning in deaf children, increasing learning motivation, increasing visual processing, stimulating creativity, increasing concentration. Augmented reality media also has implications for children other than deaf children, it can be used for children with other special needs.
Keyword: geometry, augmented reality, deaf