PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VOKIGA UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA PESERTA DIDIK TUNARUNGU
ABSTRAK
Pembelajaran kosakata untuk peserta didik disabilitas
rungu sangat penting, karena keterbatasan mereka dalam
mengakses bahasa sering menghambat komunikasi. Penguasaan
kosakata membantu meningkatkan literasi, pemahaman, dan
partisipasi mereka di lingkungan sosial dan pendidikan.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran
Vocabulary Kids Games (VOKIGA) yang layak untuk
meningkatkan kosakata siswa disabilitas rungu. Penelitian ini
menggunakan metode Research and Development (R&D)
dengan model Luther, yang mencakup tahapan konsep, desain,
pengumpulan bahan, pembuatan, dan uji coba. Subjek uji
kelayakan adalah ahli media, ahli materi, dan siswa kelas 5
disabilitas rungu. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Validasi data menunjukkan skor kelayakan 82,35% dari ahli
media dan 82,67% dari ahli materi. Implikasi penelitian ini
menunjukkan bahwa VOKIGA dapat menjadi media
pembelajaran kosakata dan bahasa isyarat di sekolah maupun
rumah. Media ini fleksibel untuk memperluas materi kosakata
lain, sekaligus memungkinkan guru, orang tua, dan masyarakat
berkontribusi menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif
dan efisien.
Kata Kunci : media pembelajaran, VOKIGA, kosakata,
disabilitas rungu
ABSTRACT
Vocabulary learning for deaf students is very important,
because their limitations in accessing language often hinder
communication. Vocabulary mastery helps improve their literacy,
understanding, and participation in social and educational
environments. This study aims to develop a Vocabulary Kids Games
(VOKIGA) learning media that is feasible to improve the vocabulary of
deaf students. This study uses the Research and Development (R&D)
method with the Luther model, which includes the stages of concept,
design, material collection, manufacture, and trial. The subjects of the
feasibility test were media experts, material experts, and grade 5 deaf
students. Data were analyzed descriptively quantitatively. Data
validation showed a feasibility score of 82.35% from media experts and
82.67% from material experts. The implications of this study indicate
that VOKIGA can be a medium for learning vocabulary and sign
language at school or at home. This media is flexible to expand other
vocabulary materials, while allowing teachers, parents, and the
community to contribute to creating more interactive and efficient
learning.
Keywords : learning media, VOKIGA, vocabulary, hearing
disability