Rhetorical Moves dan Identitas EFL Penulis berdasarkan Tulisan Mahasiswa Magister
Rhetorical Moves and Authorial Identity in EFL Postgraduate Students Writing
Variasi tulisan mengundang peneliti untuk melakukan investigasi berdasarkan background penulis. Connor (2011) menyebutkan Contrastive Rhetoric merupakan hubungan pola tulisan dan diskursi dari perbedaan bahasa yang mempengaruhi gaya tulisan itu sendiri. Mahasiswa dari lingkungan socio-cultural yang berbeda menghasilkan konsep menulis yang berbeda-beda pula. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif berasarkan hasil survei dan analisis dokumentasi. Penemuan menyebutkan ditemukannya pola yang unik yang dihasilkan berbagai macam penulis dari socio-cultural background yang berbeda-beda. Pada kesimpulannya, variasi dalam penulisan yang dihasilkan penulis tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan socio-kultural mereka, namun pengalaman yang membuat penulis dapat menulis sesuai dengan aturan tulisan yang sudah ditentukan.
The variation on writings leads people to do investigation regarding the author s background. Connor (2011) mentioned Contrastive rhetoric define as the pattern of the text and its discourse in different languages relate to the influence of structural and cultural background. The students from different socio-cultural backgrounds produce different concepts of writing introduction. This study necessarily collects the data in a qualitative data approach through documentation and survey. The findings revealed that some unique pattern in the writings are presented based on the cultural background of the authors. In Conclusion, the variation on writings created by the students are not only totally based on their socio-cultural background, but also based on the students experienced that leads author to created writing based on the rules of writing.