Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan
perangkat pembelajaran yang layak dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif Numbered Heads Together dengan
berbatuan software Multisim pada mata pelajaran Perencanaan dan
Instalasi Sistem Audio Video dengan mengacu pada indikator kelayakan yaitu
kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan dengan menggunakan Research
and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono, yang terdiri
atas 7 langkah yaitu: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain
produk; (4) Validasi produk; (5) Revisi produk; (6) Uji coba produk; (7) Analisa
dan pelaporan. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV
1 SMKN 7 Surabaya. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah
one sample test design.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Heads Together (NHT) berbantuan software
Multisim dapat dikategorikan sangat
valid. Memiliki hasil validasi pada RPP sebesar 87,85% ,
hasil validasi pada LKS
sebesar 80,35% , hasil validasi pada LP
sebesar 89,17% , hasil validasi materi ajar
sebesar 84,17% . (2) Keterlaksanaan pembelajaran dengan dua
kali pertemuan memiliki nilai hasil rating pada pertemuan pertama 91,03%
dan 90,28% pada pertemuan kedua dengan
kategori terlaksana dengan sangat baik. (3) Analisis hasil belajar siswa pada
ranah kognitif dan psikomotor terjadi perbedaan rata-rata atau telah mencapai
KKM. Rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif memiliki nilai rata-rata
84,66 dan hasil belajar ranah psikomotor memiliki nilai rata-rata 80,38 . Rata-rata hasil belajar
akhir siswa yang diperoleh dari hasil belajar kognitif dan psikomotor memiliki
nilai rata-rata sebesar 81,67 .
Kata Kunci :
Pengembangan Perangkat, Pembelajaran NHT, Software
Multisim.