PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF ANAK USIA 4-5 TAHUN
THE EFFECT OF DEMONSTRATION METHOD ON LETTER RECOGNITION ABILITY OF 4-5 YEARS OLD CHILDREN
Mengenal huruf bukanlah hal yang mudah untuk anak terutama huruf yang memiliki bentuk hampir serupa namun berbeda dalam pengucapannya. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adakah pengaruh dari metode demonstrasi terhadap kemampuan pengenalan huruf anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis eksperimen dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi. Pengambilan data observasi dilakukan untuk mengamati kemampuan mengenal huruf anak pada anak usia 4-5 tahun kelompok A dengan jumlah sampel sebanyak 16 anak. Teknik analisis penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji statistik non-parametrik. Hasil penelitian didapatkan nilai asymp sig. (2-tailed) sebesar 0.001 ini artinya nilai asymp sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05, sehingga dapat dikatakan Ho ditolak. Nilai rata-rata post-test juga lebih tinggi sebesar 10.94 daripada pre-test yang mendapatkan hasil 9.06.
Metode demonstrasi dalam penelitian ini berfokus mengajarkan pengenalan huruf terutama huruf yang memiliki kimiripan bentuk seperti b,d,m,w,n,u,p,q. Materi demonstrasi yang disajikan menggunakan playdough. Pengenalan huruf pada penelitian ini menggunakan metode demonstrasi yang mengenalkan bentuk huruf dan menyebutkan nama hurufnya. Adapun penelitian ini didapatkan bahwa adanya langkah-langkah demonstrasi menggunakan playdough dilakukan secara klasikal dan kelompok kecil, memperagakan cara membuat bentuk huruf menggunakan playdough, menyebutkan hurufnya secara berulang, anak mempraktikkan sendiri membentuk huruf sesuai dengan arah bentuk hurufnya (lurus, lengkung bawah kanan dan kiri, lengkung atas kanan dan kiri, miring kiri kanan), kemudian meninjau kembali dan memberikan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan anak dalam mengenal huruf. Demikian metode demonstrasi terhadap pengenalan huruf ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan pengenalan huruf anak usia 4-5 tahun. Oleh karena itu hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebuah inovasi untuk guru dalam pembelajaran pengenalan huruf anak usia dini.
Kata Kunci: metode demonstrasi, pengenalan huruf, anak usia 4-5 tahun.
Recognizing letters is not an easy thing for children, especially letters that have almost similar shapes but differ in pronunciation. Therefore, the purpose of this study is to test whether there is an effect of the demonstration method on the letter recognition ability of children aged 4-5 years. This research method is a quantitative type of experiment with a pre-experimental design of one group pretest-posttest. Data collection techniques in this study used observation. Observational data collection was carried out to observe the ability to recognize children's letters in children aged 4-5 years group A with a sample of 16 children. This research analysis technique uses descriptive and inferential statistics with non-parametric statistical tests. The results of the study obtained the value of asymp sig. (2-tailed) of 0.001 means the value of asymp sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05, so it can be said that Ho was rejected. The average post-test score was also higher at 10.94 than the pre-test which got a result of 9.06. The demonstration method in this study focuses on teaching letter recognition, especially letters that have similar shapes such as b, d, m, w, n, u, p, q. Demonstration materials presented using playdough. Letter recognition in this study uses a demonstration method that introduces the shape of the letters and mentions the name of the letters. As for this study, it was found that there were demonstration steps using playdough carried out classically and in small groups, demonstrating how to make letter shapes using playdough, mentioning the letters repeatedly, children practicing themselves forming letters according to the direction of the letter shape (straight, right and left bottom curves, right and left upper curves, left right tilts), then reviewing and giving questions related to the material that had been delivered Has a positive influence on children's ability to recognize letters. Thus, this demonstration method of letter recognition shows that there is an influence on the letter recognition ability of children aged 4-5 years. Therefore, the results of this research can be used as an innovation for teachers in learning early childhood letter recognition.
Keywords: demonstration method, letter recognition, children aged 4-5 years.