THE EFFECTIVENESS OF USING GIST STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION
Dalam kegiatan membaca, salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah membaca pemahaman dalam bahasa inggris. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya pemahaman peserta didik terhadap suatu teks bacaan serta proses pembelajaran masih menggunakan strategi yang kurang inovatif dan cenderung membosankan. Oleh karena itu, peneliti menggunakan stretegi GIST (Generating Interaction between Schemata and Text) untuk membantu meningkatkan pemahaman membaca siswa melalui media teks eksplanasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan dalam pemahaman membaca siswa setelah menggunakan GIST strategi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri di Gresik sedangkan sampelnya yaitu MA Negeri di Gresik yang melibatkan 36 siswa di kelas XI-2. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian pre-test dan post-test, kemudian data dianalisis dengan menggunakan Paired T-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan GIST strategi di dalam teks eksplanasi efektif membantu siswa dalam memahami bacaan dengan baik, itu dapat terlihat dari hasil rata-rata skor pretest dan posttest yang meningkat secara signifikan.
Kata kunci: Pemahaman Membaca, Strategi GIST, Teks Eksplanasi
In reading activities, one of the abilities that must be mastered by students is reading comprehension in English. This research is motivated by the students' weak understanding of a reading text and the learning process still uses strategies that are less innovative and tend to be boring. Therefore, the researcher used the GIST (Generating Interaction between Schemata and Text) strategy to help improve students' reading comprehension through explanation text media. The aim of this study was to determine whether there was an effecin students' reading comprehension after using the GIST Strategy. The population of this study is eleventh grade students at Senior High School in Gresik while the sample from MA Negeri in Gresik which involved 36 students in class XI-2. This study used quantitative method with one group pretest-posttest design. Data collection used pre-test and post-test research instruments, then the data were analyzed using Paired Ttest. The results of the study showed that the use of GIST Strategy in the explanation text effectively helped students in understanding the reading well, it can be seen from the results of the mean pretest and posttest scores which increased significantly.
Keywords: Reading Comprehension. GIST Strategy, Explanation Text