PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANAK DENGAN SPEKTRUM AUTIS
UTILIZING LEARNING VIDEOS TO IMPROVE CHILD COMMUNICATION AUTISM SPECTRUM DISORDER
Anak autis mengalami keterlambatan berkomunikasi untuk itu perlu adanya solusi dalam pembelajaran, salah satunya menggunakan media video pembelajaran yang dapat membuat proses pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan bagi siswa serta membangkitkan motivasi belajar. Tujuan penulisan jurnal ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan komunikasi dengan memanfaatkan media video pembelajaran, melalui riview literatur dengan mengadakan studi penelaahan buku, artikel, dan jurnal penelitian. Hasil kajian teori menyatakan bahwa melalui media video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar berkomunikasi. Setelah pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran, diharapkan anak dapat menggunakan kalimat yang lebih kompleks dalam berkomunikasi dengan menggabungkan dua kalimat sederhanan atau lebih untuk mengutarakan pikiran dan perasaannya.
Kata Kunci: video pembelajaran, komunikasi, anak dengan spektrum autis
Children with autism experience delays in communicating for that there needs to be a solution in learning, one of which uses video learning media that can make the learning process more active and enjoyable for students and arouse learning motivation. The purpose of writing this a journal is to describe the improvement of communication skills by utilizing instructional video media, through literature review by conducting study studies of books, articles, and research journals. The results of the theoretical study state that through video learning media can increase children's motivation in learning to communicate. After learning by using video learning media, children are expected to be able to use more complex sentences in communication by combining two or more simple sentences to express their thoughts and feelings.
Keywords: learning video, communication, Children with Autism Spectrum Disorder.