PEMANFAATAN FENOMENA MOBILITAS PEKERJA ULANG ALIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP
UTILIZING THE MOBILITY PHENOMENON OF SHUTTLE WORKERS AS A SOURCE FOR LEARNING SCIENCES IN SMP HIGH SCHOOLS
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena mobilitas pekerja ulang alik yang terjadi pada masyarakat Desa Sidoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi mobilitas pekerja ulang alik dapat digunakan sebagai contoh fenomena sosial dalam pembelajaran IPS di SMP. (2) menganalisis relevansi fenomena mobilitas pekerja ulang alik dengan materi IPS tentang mobilitas penduduk, interaksi antarwilayah, dan kebutuhan manusia. (3) Menganalisis strategi pembelajaran berbasis fenomena mobilitas pekerja ulang alik dapat meningkatkan pemahaman peserta didik SMP terhadap materi IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan teori konstruktivisme, fenomena mobilitas pekerja ulang alik ini relevan dalam pembelajaran IPS, karena peserta didik dapat memanfaatkan lingkungan sekitar dengan berbantuan adanya fenomena sosial tersebut sebagai sumber belajar berdasarkan realitas sosial yang terjadi pada masyarakat. Relevansi fenomena mobilitas pekerja ulang alik dengan materi pembelajaran IPS pada jenjang SMP pada materi kelas VII tentang interaksi antarwilayah, dan kebutuhan manusia. Sedangkan untuk kelas VIII pada materi tentang mobilitas penduduk dengan sub materi tentang mobilitas pekerja ulang alik. Strategi pembelajaran yang paling efektif digunakan dalam pembelajaran IPS kaitannya dengan materi tentang fenomena mobilitas pekerja ulang alik adalah dengan menggunakan metode pembelajaran studi kasus, diskusi terbuka, dan proyek.
This research is motivated by the phenomenon of shuttle worker mobility that occurs in the Sidoharjo Village community. This research aims to: (1) identify the mobility of shuttle workers that can be used as an example of a social phenomenon in social studies learning in junior high schools. (2) analyze the relevance of the phenomenon of shuttle worker mobility to IPS material about population mobility, interregional interactions, and human needs. (3) Analyzing learning strategies based on the phenomenon of shuttle worker mobility can improve junior high school students' understanding of social studies material. The research method used is a qualitative method and uses a case study approach. The research results show that based on constructivism theory, the phenomenon of shuttle worker mobility is relevant in social studies learning, because students can utilize the surrounding environment with the help of this social phenomenon as a learning resource based on social realities that occur in society. The relevance of the phenomenon of shuttle worker mobility to social studies learning material at junior high school level in class VII material about interactions between regions and human needs. Meanwhile, for class VIII the material is about population mobility with sub-material about the mobility of shuttle workers. The most effective learning strategy used in social studies learning in relation to material about the phenomenon of shuttle worker mobility is to use case study, open discussion and project learning methods.