Motivasi belajar merupakan hal yang penting karena motivasi yang tinggi dapat memberikan hasil belajar yang optimal, begitupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dari penerapan media cinema therapy pada bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan pre experimental design berupaone-group pre test –post testdesaign dengan subjek penelitian ini 6 siswa dari kelas VIII yang memiliki motivasi rendah dalam belajarnya .Setelah dilakukan uji hipotesis wilcoxon diketahuiρ = 0,028 dengan taraf kesalahan 5% atau 0,05sehingga Ha diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media cinema therapy dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Media cinema therapy pada bimbingan kelompok dapat dijadikan alternative untuk membantu siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah, selain itu berdasarkan hasil analisis setelah treatment/ perlakuanmenunjukkanperubahanskorpada 6 subjektersebut.
Learning motivation is important because high motivation can provide the optimal learning outcomes, and vice versa.This study aims to know whether there is an increase in the application of media cinema therapy to group guidance for improving students' learning motivation.This study used a pre-experimental design in the form of a one-group pre test –post testdesignwith the subject of this study 6 students from class VIII who had low motivation in learning. After wilcoxon hypothesis testing is known ρ = 0.028 with an error rate of 5% or 0.05so Ha is accepted. The results of this study indicate that media cinema therapy can improve student learning motivation. Media cinema therapy on group guidance can be used as an alternative to help students who have low learning motivation, besides that based on the results of the analysis after the treatment showed changes in scores on the 6 subjects.