Parenting Education, yaitu Pendidikan untuk orangtua yang bertujuan untuk dapat membimbing anak mereka menjadi pribadi yang baik dan berkualitas. Parenting Education dilaksanakan dengan memberikan bekal kepada orang tua terutama seorang ibu agar dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui anak – anak mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan Parenting education dalam pendidikan karakter anak usia dini di KB/TK Al – Barokah Kota Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 orang tua siswa di KB/TK AL-Barokah Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis product moment.
parenting education memiliki hubungan yang positif dengan pembentukan karakter anak usia dini yang ditunjukkan dengan r-hitung yang lebih besar dari rtabel (0,787 ≥ 0,361). Hubungan positif yang dimaksud adalah jika pelaksanaan parenting education berjalan dengan baik. Hasil uji signifikan jugamenunjukan bahwa t- hitung lebih besar dari pada t- tabel (8,577 ≥ 2,048) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang posoti dan signifikan antara Parenting education dengan pendidikan karakter anak usia dini.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Parenting Education
Parenting Education, namely Education for parents whose aim is to be able to guide their children to become good and quality personalities. Parenting Education is carried out by providing provisions to parents, especially a mother, to be able to implement it in life so that later it can improve the quality of human resources through their children. The purpose of this study was to determine the relationship of Parenting education in early childhood character education in KB / TK Al - Barokah, Surabaya.
This study uses a quantitative research approach to the type of correlational research. The number of respondents in this study were 30 parents of students in KB / TK AL-Barokah Surabaya. Data collection techniques used were questionnaire, observation, and documentation. While the data analysis technique uses product moment analysis techniques.
parenting education has a positive relationship with the formation of early childhood character as indicated by r-count greater than rtable (0.787 ≥ 0.361). The positive relationship in question is if the implementation of parenting education goes well. Significant test results also show that the t-test is greater than the t-table (8.577 ≥ 2.048) so that it can be concluded that there is a positive and significant relationship between Parenting education and early childhood character education.
Keywords: Character Education, Early Childhood, Parenting Education