Pengembangan Aplikasi Bantu Diri (Self Help) Perencanaan Pendidikan Lanjutan Berbasis Android di MTsN 8 Banyuwangi
Development of Android-Based Self Help Applications for Further Education Planning at MTsN 8 Banyuwangi
ABSTRAK
Iswar Annas, Rizki, 2021. Pengembangan Aplikasi Bantu Diri (Self Help) Perencanaan Pendidikan Lanjutan Berbasis Android di MTsN 8 Banyuwangi. Tesis, Progrsm Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya : (I) Dr. Budi Purwoko,S.Pd., M.Pd, dan (II) Dr. Tamsil Muis, M.Pd
Kata- kata Kunci : Perencanaan Pendidikan Lanjutan, Pengembangan Aplikasi Bantu Diri (Self Help) Berbasis Android
Penelitian ini bertujuan dalam hal yang meliputi (1) mengembangkan aplikasi android bantu diri (Self Help) dalam perencanaan pendidikan lanjutan siswa kelas IX MTsN 8 Banyuwangi, (2) memperoleh kelayakan pada aplikasi android bantu diri (Self Help) dalam perencanaan pendidikan lanjutan siswa kelas IX MTsN 8 Banyuwangi, (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap aplikasi android bantu diri (Self Help) dalam perencanaan pendidikan lanjutan siswa kelas IX MTsN 8 Banyuwangi.
Dalam penelitian yang menggunakan metode Research and Development (R & D). Diaplikasikan merujuk pada langkah dan tahapan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall (1989). Tahapan yang peneliti gunakan meliputi (1) penelitian dan pegumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) validasi produk awal, (5) revisi produk.
Penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti menghasilkan produk aplikasi bantu diri (Self Help) dalam perencanaan pendidikan lanjutan bagi siswa kelas IX di MTs N 8 Banyuwangi yang langsung dapat diinstal di gawai atau smartphone berbasis android. Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg & Gall (1985). Menurut Riduwan (2003) Tahapan peneliti guna mendapatkan produk atau media yang dikatakan layak ialah jika setelah mendapatkan hasil penilaian dari validator ahli materi, validator ahli media dan validator pengguna yang mengacu skala prosesntasi 0% - 20% tidak layak, 21% - 40% Kurang layak, 41% - 60% Cukup Layak, 61% - 80% Layak, 81% - 100% sangat layak.
Sejalan dengan tujuan dan proses serta hasil dari penelitian tersebut maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan dalam penelitian yang berupa aplikasi bantu diri (Self Help) dalam perencanaan pendidikan lanjutan berbasis android di MTsN 8 Banyuwangi diperoleh kriteria layak dari skala penilaian yang disampaikan oleh validator. Skala validator ahli materi didapatkan hasil validasi media sebesar 100% menandakan aplikasi android ini sangat layak untuk digunakan, dari validator ahli materi diperoleh hasil validasi 80% artinya aplikasi android ini layak untuk digunakan, dan dari validator pengguna mendapatkan hasil 98% yang berarti aplikasi ini sangat layak untuk digunakan.
ABSTRACT
Iswar Annas, Rizki, 2021. Development of Android-Based Self Help Applications for Further Education Planning at MTsN 8 Banyuwangi. A Thesis. Guidance and Counseling Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. (I) Dr. Budi Purwoko,S.Pd., M.Pd, dan (II) Dr. Tamsil Muis, M.Pd
Keywords: further education planning, Development of Android-Based Self Help Applications
The objectives of this research are to: (1) developing a self-help android application for further education planning for grade IX students at MTsN 8 Banyuwangi, and (2) determining the feasibility of the self-help android application in planning further education for class IX students at MTsN 8 Banyuwangi, (3) to learn about students' responses to the self-help android application for further education planning for grade IX students at MTsN 8 Banyuwangi.
This study employs the Research and Development (R & D) method, which is based on the steps and stages devised by Borg and Gall (1989). (1) research and information gathering, (2) planning, (3) development of the initial product format, (4) initial product validation, and (5) product revision are the stages used by the researcher.
This research has resulted in self-help application products for further education planning for grade IX students at MTsN 8 Banyuwangi, which can be installed directly on Android-based devices or smartphones. The development model used in this study is the Borg and Gall development model (1985). According to Riduwan (2003), the stages of researchers in order to get a product or media that is said to be feasible are if after receiving the results of the assessment from material expert validators, media expert validators, and user validators who refer to a percentage scale of 0% - 20% not feasible, 21% - 40% Less feasible, 41% - 60% feasible enough, 61% - 80% feasible, 81% - 100% highly feasible.
In accordance with the study's objectives and processes, as well as the findings, it can be concluded that the product developed in the study, an android-based self-help application for further education planning at MTsN 8 Banyuwangi met the appropriate criteria from the rating scale submitted by the validator. The validation scale of the material expert has obtained a 100% media validation result which states that the application is highly feasible to use, from the material expert validator, 80% validation results are obtained, indicating that this android application is feasible to use, while the validator users get 98% results which means this application is highly feasible to use.