Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan, mengetahui dan menganalisis; (1) visi, misi, dan nilai-nilai sekolah; (2) bentuk implementasi; (3) faktor penghambat dan pendukung implementasi; dan (4) strategi implementasi pendidikan karakter “Langit Biru” dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 3 Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian adalah sebagai berikut visi sekolah yaitu unggul, religius, dan peduli lingkungan. Dalam mewujudkan penerapan ini sekolah mengadakan sosialisasi tentang religius culture secara menyeluruh ketika siswa dalam masa PLS hingga menyesuaikan dengan lingkungan sekolah. Program kerja penerapan pendidikan karakter “Langit Biru” yaitu dimulai dari pukul 06.30 yang masuk pada pembelajaran sampai dengan pukul 13.30. Pengaruh faktor penghambat penerapan pendidikan karakter “Langit Biru” ini yaitu dari guru-guru yang masih tidak kompak dalam mengontrol siswa, listrik masih labil, serta sarana musholla yang masih belum maksimal. Sekolah hanya menemukan pelanggaran kecil seperti keterlambatan siswa. Hukuman yang diterapkan bagi siswa yang melakukan pelanggaran yaitu tidak dengan memberi hukuman fisik tetapi dengan teguran atau hukuman ringan. Faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari guru-guru, Kepala Sekolah, stakeholders, partisipasi orang tua, alumni, dan dunia usaha/dunia industri (du/di). Perumusan pendidikan karakter “Langit Biru” ini melewati beberapa langkah melalui masalah yang ada kemudian dirapatkan oleh pihak yang bersangkutan dan menghasilkan kebijakan yang mengacu pada Kurikulum UU Pendidikan Karakter dan Permendikbud tentang Penguatan Karakter. Sistem yang diterapkan untuk memantau dan mengevaluasi pendidikan karakter ini yaitu melalui buku laporan religius culture, buku ketertiban dan buku rapor sedangkan evaluasi dilakukan melalui rapat tim SMP Negeri 3 Tuban.
Kata kunci : strategi, pendidikan karakter, kedisiplinan
This research aims to explained, knowed, and analyzed for: (1) perspective, mission, and values of school; (2) type of implementatio; (3), inhibiting and supporting factor of implementation; and (4) strategy of implementation character education “Langit Biru” in discipline of students at SMP Negeri 3 Tuban. This study uses a qualitative with a case study method. The result of the research as follows, perspective of school that is superior, religious, and caring environment. In created of this application in school to socialiszation organized about religious culture on comprehensive when student in during introducing school circles (ISC) until on adapted with school area. A job program of this application for character education “Langit Biru” that is start from 06.30 o’clock who set a learning until 13.30 o’clock. The influence inhibiting factor of character education “Langit Biru” that is teachers who still can’t compact in student controll, electric still unstabled, with musola tool not maximum. The school only to find a small infraction as student late. A punishment who applied for student who have infraction that is do not give a physical punishment but with a warning or minor penalty. A supporting factor is the support of teachers, principals, stakeholders, participation or parents, alumni, and the business/industrial world. The formulation of the education character “Langit Biru” this past a few steps through the problem is then meeting by concerned and produces policy referring to the curriculum the Character Education and Permendikbud about Character Education. The system applied to monitor and evaluate education this character is through the report religious culture, the order, and the rapor while evaluation oh the team conducted through the meeting in SMP Negeri 3 Tuban.
Keyword : strategy, character of education, discipline