Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Dan Pengaruhnya Terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus: Jl. Pembangunan Tanggulangin - Jl. Raya Porong)
Analysis of the Level of Road Damage and Its Effect on Vehicle Speed (Case Study: Jl. Tanggulangin Development - Jl. Raya Porong)
Abstrak: Adapun jalan di Kota Sidoarjo sebagian besar kondisi baik, akan tetapi pada jalan tertentu terdapat kondisi yang mengalami kerusakan yang disebabkan oleh terlalu seringnya dilintasi oleh kendaraan berat sehingga mudah digenangi air saat musim hujan. Hal tersebut dapat menggangu aktifitas dari pengguna jalan sehingga dapat mempengaruhi kecepatan dari suatu kendaraaan yang mengakibatkan waktu tempuh kendaraan menjadi lebih pelan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dan jenis kerusakan yang terjadi pada kedua ruas jalan tersebut dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan mengetahui pengaruh kerusakan jalan terhadap kecepatan kendaraan yang melintasi dengan menggunakan metode Analisis Regresi. Adapun Penelitian ini mengambil lokasi pada ruas Jalan Pembangunan Tanggulangin – Jalan Raya Porong yang berjarak 2,7 km dengan menganalisis perkerasan dibagi menjadi 54 segmen. Pengumpulan data primer dilakukan dengan survey langsung di lapangan yaitu berupa data geometrik jalan, luas kerusakan jalan, dan kecepatan kendaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan jalan sangat berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan seperti pada ruas Jalan Pembangunan Tanggulangin – Jalan Raya Porong(arah Surabaya) pada segmen 26 dengan nilai PCI 27,05 kondisi jalan Jelek (Poor) dengan kecepatan kendaraan mencapai 35,36 Km/Jam untuk sepeda motor, 34,82 Km/Jam untuk mobil penumpang, 27,48 Km/Jam untuk truk mini, dan pada segmen 2 nilai PCI sebesar 100 dengan kondisi jalan sempurna (excellent) kecepatan kendaraan mencapai 82,95 Km/Jam untuk sepeda motor, 84,91 untuk mobil penumpang, 54,38 untuk truk mini, sehingga didapat persamaan dengan metode analisis regresi Y= 0,706x + 13,00 untuk sepeda motor, Y = 0,697x + 13,55 untuk mobil penumpang, Y = 0,332x + 21,26 untuk truk mini. Sedangkan untuk arah Porong pada segmen 26 dengan nilai PCI 30,17 kondisi jalan Jelek (Poor) dengan kecepatan kendaraan mencapai 35,16 Km/Jam untuk sepeda motor, 35,50 Km/Jam untuk mobil penumpang, 26,35 Km/Jam untuk truk mini, dan pada segmen 5 nilai PCI sebesar 100 dengan kondisi jalan sempurna (excellent) kecepatan kendaraan mencapai 84,91 Km/Jam untuk sepeda motor, 82,95 untuk mobil penumpang, 51,87 untuk truk mini, sehingga didapat persamaan dengan metode analisis regresi Y = 0,750x + 8,394 untuk sepeda motor, Y = 0,759x + 8,091 untuk mobil penumpang, Y = 0,415x + 14,06 untuk truk mini. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kerusakan jalan semakin rendah kecepatan kendaraan, sebaliknya semakin rendah tingkat kerusakan semakin tinggi kecepatan kendaraan.
Kata kunci : Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI), kecepatan.
Abstract: The roads in the city of Sidoarjo are mostly in good condition, but on certain roads there are conditions that are damaged due to being crossed too often by heavy vehicles so that they are easily flooded during the rainy season. This can interfere with the activities of road users so that it can affect the speed of a vehicle which results in slower vehicle travel time. The purpose of this study was to determine the level and type of damage that occurred on both roads using the Pavement Condition Index (PCI) method and to determine the effect of road damage on the speed of vehicles crossing using the Regression Analysis method. The research took place on the Tanggulangin Road - Porong Highway which is 2.7 km by analyzing the pavement divided into 54 segments. Primary data collection is done by direct survey in the field in the form of road geometric data, road damage area, and vehicle speed. The results showed that road damage is very influential on vehicle speed such as the Tanggulangin Road Development Road - Porong Highway (Surabaya direction) on segment 26 with a PCI value of 27.05 Poor road conditions with vehicle speeds reaching 35.36 Km / Hour for motorcycles, 34.82 Km / Hour for passenger cars, 27.48 Km / Hour for mini trucks, while in segment 2 the value of PCI is 100 with perfect road conditions (excellent) vehicle speeds reaching 82.95 Km / Hour for bicycles motorcycles, 84.91 for passenger cars, 54.38 for mini trucks, so that the equation with the regression analysis method Y = 0,706x + 13,00 for motorcycles, Y = 0,697x + 13,55 for passenger cars, Y = 0,332x + 21,26 for mini trucks. As for the direction of Porong in segment 26 with a PCI value of 30.17 Poor road conditions with vehicle speeds reaching 35.16 Km / Hour for motorcycles, 35.50 Km / Hour for passenger cars, 26.35 Km / Hour for mini trucks, whereas in segment 5 the value of PCI is 100 with perfect road conditions (excellent) vehicle speeds reaching 84.91 Km / Hour for motorcycles, 82.95 for passenger cars, 51.87 for mini trucks, so an equation with analytical methods is obtained regression Y = 0,750x + 8,394 for motorbikes, Y = 0,759x + 8,091 for passenger cars, Y = 0,415x + 14,06 for mini trucks. This shows that the higher the level of road damage the lower the vehicle speed, conversely the lower the level of damage the higher the vehicle speed.
Keywords: Road Damage, Pavement Condition Index (PCI), speed.