Pengembangan Aplikasi ASSAWA Berbasis Android dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar
Development Android-Based Application called ASSAWA in Javanese Language Learning in Elementary Schools
Pendidikan pasca pandemi memberikan dampak yang besar, salah satu dampak yang terlihat adalah meningkatnya penggunaan gadget pada anak. Namun sayangnya kemajuan teknologi berbanding terbalik dengan motivasi belajar peserta didik di sekolah. Rendahnya minat belajar peserta didik bisa disebabkan beberapa hal seperti pembelajaran yang kurang menarik, suasana kelas yang tidak menyenangkan, atau materi yang membosankan bagi peserta didik. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan menggunakan metode ASSURE berupa aplikasi ASSAWA berbasis android yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan dengan menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah didapati persentase kevalidan materi sebesar 92% dan media sebesar 88%. Kemudian hasil persentase kepraktisan oleh peseta didik sebesar 91,3% dan pendidik sebesar 92%. Hasil keefektifan yang diukur dengan persentase rerata peningkatan nilai pretest dan posttest dengan perhitungan N-Gain sebesar 0,72 dengan kriteria peningkatan tinggi juga ketuntasan belajar peserta didik sebesar 83,34%, sehingga dapat dinyatakan bahwa media yang dikembangkan berupa aplikasi ASSAWA berbasis android layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dasar.
Kata Kunci: media pembelajaran, aplikasi ASSAWA, bahasa Jawa sekolah dasar
Post-pandemic education has had a big impact, one of the visible impacts is the increasing use of gadgets in children. But unfortunately technological advances are inversely proportional to the learning motivation of students at school. The low interest in learning of students can be caused by several things such as learning that is less interesting, an unpleasant class atmosphere, or material that is boring for students. Therefore, researchers developed a learning media using the ASSURE method in the form of an Android-based ASSAWA application that can be used in learning Javanese in elementary schools. The purpose of this study is to determine the feasibility of the developed learning media by testing the validity, practicality, and effectiveness of the developed media. The result of this study is that the percentage of validity of the material is 92% and the media is 88%. Then the results of the practicality percentage by students were 91.3% and educators were 92%. The results of effectiveness as measured by the average percentage increase in pretest and posttest scores with a NīGain calculation of 0.72 with the criteria for high improvement as well as student learning completeness of 83.34%, so that it can be stated that the media developed in the form of an Android-based ASSAWA application is feasible for used in learning Javanese in elementary schools.
Keywords: learning media, ASSAWA application, elementary school Javanese