PERANCANGAN LYRICS VIDEO “DUNIA SEKITAR”
SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI ZAKAT DAN WAKAF
LYRICS VIDEO “DUNIA SEKITAR” DESIGN AS
A MEDIUM TO SOCIALIZE ZAKAT AND WAQF
Menurut Pusat Kajian Strategis BAZNAS dan Badan Wakaf Indonesia, indeks literasi zakat dan wakaf masyarakat berada di angka 66,78 dan tergolong ke dalam indeks rendah. Hal tersebut harus ditingkatkan lagi demi mencapai target indeks literasi zakat dan wakaf yang ideal. Salah satu upaya peningkatan indeks literasi zakat dan wakaf dapat dilakukan dengan sosialisasi melalui media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan proses merancang lyrics video “Dunia Sekitar” yang memuat ajakan berzakat dan berwakaf. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan Design Thinking oleh Gavin Ambrose. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode dari Miles & Huberman dengan mereduksi data, studi literatur, dan observasi menjadi sebuah narasi deksriptif. Hasil penelitian ini diunggah ke Instagram dan YouTube berupa video dengan durasi 2 menit 15 detik yang memuat ajakan dalam meningkatkan kegiatan berzakat dan berwakaf dan ditujukan kepada masyarakat dengan rentang usia 14-25 tahun. Implikasi penelitian ini berdampak pada peningkatan indeks literasi zakat dan wakaf nasional 2022 bersama dengan program-program yang telah diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI.
According to the data recorded by The National Zakat Study Centre and Indonesia Waqf Agency shows that Indonesia literacy rate for zakat and waqf is low. It is 66,78 and it has to be improved. The purpose of this study is to describe the concept and the process of making lyrics video “Dunia Sekitar” that brings message to people for doing zakat and waqf. So with that, the awareness and the activity of people doing zakat and waqf can be increased. This study uses qualitative method and design thinking by Gavin Ambrose. The technique that used in this research is Miles & Huberman Methods with data reduction, literature review, and observation into descriptive text. The final output of this study is a 2 minutes 15 seconds lyrics video that published on social media (Instagram and YouTube) and it’s targeted to young-adult, between 14-25 years old. The implications of this research have an impact on increasing the national zakat and waqf literacy index in 2022 together with programs that have been organized by the Ministry of Religious Affairs of the Republic of Indonesia.