PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI PADA STARBUCKS DI SURABAYA)
THE EFFECT OF GREEN MARKETING AND BRAND IMAGE ON CONSUMER LOYALTY (STUDY ON STARBUCKS IN SURABAYA)
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah loyalitas konsumen dapat dipengaruhi oleh green marketing dan brand image. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Starbucks di kota Surabaya, kemudian sampel diambil dengan menggunakan metode proportional random sampling sebanyak 100 responden yang terdapat di gerai starbucks yang tersebar di seluruh kota Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan dua variabel bebas yaitu green marketing dan brand image dan variabel terikatnya adalah loyalitas konsumen. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS yang kemudian diketahui bahwa green marketing dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan secara parsial, green marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dan citra merek juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.
Kata Kunci: green marketing, brand image, loyalitas konsumen
This study aims to see whether consumer loyalty can be influenced by green marketing and brand image. The population in this study were Starbucks consumers in the city of Surabaya, then the sample was taken using the proportional random sampling method as many as 100 respondents found in starbucks outlets spread throughout the city of Surabaya. This type of research is descriptive quantitative with two independent variables, namely green marketing and brand image and the dependent variable is consumer loyalty. The data analysis technique used multiple linear regression with the help of the SPSS program which later found out that green marketing and brand image simultaneously affect consumer loyalty. While partially, green marketing has a significant effect on consumer loyalty and brand image also has a significant effect on consumer loyalty.
Keywords: green marketing, brand image, consumer loyalty