TINJAUAN STRATEGI PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI PADA ANAK AUTIS SMALB DI SLB NEGERI BALIKPAPAN
A REVIEW OF POST-PANDEMIC LEARNING STRATEGIES FOR SMALB AUTISTIC CHILDREN AT SLB NEGERI BALIKPAPAN
Strategi pembelajaran memiliki manfaat meningkatan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Ketika siswa terlibat secara aktif, mereka lebih cenderung memahami dan mengingat materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan, kendala dan solusi terkait strategi pembelajaran yang digunakan terhadap perkembangan pendidikan pada anak autis SMALB di SLB Negeri Balikpapan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 guru di tingkat SMALB di SLB Negeri Balikpapan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Teknik keabsahan datadilakukan dengan teknik triagulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik Bogdan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan di SLBN Balikpapan sudah baik, sekolah menyesuaikan mata pelajaran yang memang dapat diikuti anak autis ringan atau tidak memiliki ketertarikan pada mata pembelajaran tertentu, sekolah juga sudah menunjang guru dalam segi kebebasan mengimplementasikan strategi pembelajaran pada siswa di SLBN Balikapapn, jadi guru menerapkan strategi seperti flipped classroom, PBL, TPR, guru pun juga sudah mengatasi kendala-kendala yang muncul selama proses pembelajaran dengan maksimal sesuai dengan sarana dan prasarana yang disediakan oleh SLB Negeri Balikpapan. Kesimpulan penelitian ini bahwa sudah terlaksananya strategi pembelajaran dan disesuaikan dengan kemampuan anak autis, juga penerapan strategi pembelajaran yang mengikuti jaman dan mengutamakan kemampuan anak autis dalam pemilihan mata pelajaran yang diajarkan.
Learning strategies have the benefit of increasing student engagement in the learning process. When students are actively involved, they are more likely to understand and remember the material taught. This research aims to describe the implementation, constraints, and solutions related to the learning strategies used in the development of education for autistic children at SLB Negeri Balikpapan. This research uses qualitative approach with descriptive qualitative research type. The subjects in this research are 8 teachers at SMALB level in SLB Negeri Balikpapan. The data collection technique uses interview and observation methods. Data validity technique is done by source triagulation technique. Data analysis technique uses Bogdan's technique. Based on the results of the research, it shows that the learning strategies applied in SLBN Balikpapan are good, the school adjusts the subjects that can be followed by children with mild autism or have no interest in certain learning subjects, the school has also supported teachers in terms of freedom to implement learning strategies for students at SLBN Balikapapn, so teachers apply strategies such as flipped classroom, PBL, TPR, teachers have also overcome the obstacles that arise during the learning process to the maximum in accordance with the facilities and infrastructure provided by SLB Negeri Balikpapan. The conclusion of this study is that the implementation of learning strategies and adapted to the ability of autistic children, as well as the implementation of learning strategies that follow the era and prioritize the ability of autistic children in the selection of subjects taught.